Pemkab Kotabaru

Kotabaru dan Paser Persiapan Jalin Kerja Sama di Sejumlah Sektor

apahabar.com, KOTABARU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru, Kalsel, dengan Pemkab Paser, Kaltim melakukan persiapan menjalin kerja…

Featured-Image
Pemkab Kotabaru mendapat kunjungan rombongan Asisten Pemerintah dan Kesra Pemkab Paser, Kaltim dalam rangka persiapan kerjasama. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru, Kalsel, dengan Pemkab Paser, Kaltim melakukan persiapan menjalin kerja sama di sejumlah sektor.

Meski dalam penjajakan, kerja sama itu nampaknya akan benar-benar terjadi. Sebab, kedua belah pihak telah melakukan pertemuan, baru tadi.

Pemkab Kotabaru mendapat kunjungan rombongan Asisten Pemerintah dan Kesra Pemkab Paser. Pertemuan itu berlangsung di ruang kerja Asisten II Setda Kotabaru, Akhmad Rivai.

Akhmad Rivai, memastikan pertemuan tersebut sebagai sarana penjajakan kerja sama antara Pemkab Kotabaru, dengan Pemkab Paser.

Pertemuan membahas soal pemenuhan standar pelayanan yang memang diperlukan masyarakat. Di antaranya, soal pendidikan, kesehatan, dan air bersih.

“Perbincangan kami kemarin itu juga mengarah soal kondisi geografis, kependudukan, potensi ekonomi, hingga sektor pariwisata,” ujar Rivai, Kamis (30/6).

Sementara itu, Pemkab Paser Asisten Pemerintah dan Kesra, Romif Erwinadi, menyampaikan rencana kerja sama antar daerah dalam rangka keterpaduan pembangunan.

Mewujudkan efisiensi dan efektifitas dan sinergi dalam pengembangan pelayanan kepada masyarakat dan pemanfaatan sumber daya, meningkatkan kualitas pemerintah, pembangunan perekonomian daerah, dan kesejahteraan masyarakat juga menjadi bagian utama rencana kerja sama.

Kerja sama, sambungnya, mengacu pada peraturan Mendagri nomor 22, tahun 2020 tentang kerjasama antar daerah.

“Jadi, memang diwajibkan bagi daerah-daerah perbatasan untuk bekerja sama dalam kepentingan masyarakat,” katanya.

Ditambahkannya pula, Kotabaru memiliki potensi yang besar di bidang pariwisata, sehingga dapat dijadikan contoh bagi Kabupaten Paser.

“Kombinasi pemerintah dengan pariwisata serta UMKM sangat baik. Terlebih, letak kantor Bupati di depannya ada tempat wisata dan kulinernya,” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner