Gempa Turki

Korban Tewas Gempa Turki Bertambah Jadi 3.381 Orang

Korban tewas gempa bumi berkekuatan 7,7 magnitudo yang mengguncang Turki kini bertambah hingga mencapai 3.381 orang. Sedangkan, 20.426 korban lainnya mengalami

Featured-Image
Tiga warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan mengalami luka-luka akibat gempa Turki. Foto-Getty Image

bakabar.com, JAKARTA - Korban tewas gempa bumi berkekuatan 7,7 magnitudo yang mengguncang Turki kini bertambah hingga mencapai 3.381 orang. Sedangkan, 20.426 korban lainnya mengalami luka akibat guncangan dahsyat, Senin (6/2).

Semula, gempa mengguncang distrik Pazarcik Provinsi Kahramanmaras berkekuatan 7,7 magnitudo. Sembilan jam kemudian gempa berkekuatan 7,6 kembali mengguncang distrik Elbistan di Kahramanmaras.

Baca Juga: Korban Gempa Turki: 2.921 Tewas dan 15 Ribu Terluka

Gempa juga terasa hingga sejumlah provinsi lainnya, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Bahkan gempa juga dirasakan di beberapa negara di kawasan, termasuk Lebanon dan Suriah.

Manajer Umum Pengurangan Risiko dari Kepresidenan Manajemen Bencana dan Gawat Darurat (AFAD), Orhan Tatar mengatakan bahwa 5.775 bangunan runtuh.

Baca Juga: Kemenlu: 10 WNI Terluka Akibat Gempa Turki, Masih Dirawat di RS

Ia menambahkan bahwa lebih dari 24.000 anggota penyelamat saat ini sedang melakukan operasi pencarian dan penyelamatan. Turki akan berkabung nasional selama tujuh hari usai gempa bumi yang mematikan.

Diketahui, gempa yang mengguncang Turki berkekuatan 7,7 magnitudo menelan korban tewas sebanyak 2.921 jiwa dan 15.834 mengalami luka-luka.

Kepala Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD), Yunus Sezer mengatakan gempa susulan yang mengguncang Turki mencapai 243 kali yang menghancurkan 6.217 bangunan.

Baca Juga: Muhammadiyah Terjunkan Tenaga Medis Bantu Korban Gempa Turki

Dikutip dari ANTARA, Selasa (7/2), gempa mengguncang distrik Pazarcik di provinsi Kahramanmaras dan mengular hebat sejumlah provinsi lain, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Ormaniye, Hatay dan Kilis.

Kemudian pada pukul 13.24 waktu setempat (17.24 WIB) gempa berkekuatan magnitudo 7,6 berpusat, kembali mengguncang distrik Elbistan Kahramanmaras.

Sezer mengaku telah menerjunkan 16.400 petugas atau tim SAR untuk menyisir bangunan yang roboh akibat gempa. Kini 65 negara telah berniat mengalirkan dukungan dan bantuan kepada Turki yang sedang melewati masa pelik.

Editor


Komentar
Banner
Banner