Gaya Hidup

Konser Coldplay di Hari Kerja, Ini Tips Agar Cuti Disetujui Bos

Coldplay akan menggelar konser di Jakarta pada Rabu, 15 November 2023. Konser tersebut jatuh pada hari kerja sehingga membuat para karyawan yang ingin menonton

Featured-Image
Chris Martin vokalis Coldplay. Foto: Today.

bakabar.com, BANJARMASIN - Coldplay akan menggelar konser di Jakarta pada Rabu, 15 November 2023. Konser tersebut jatuh pada hari kerja sehingga membuat para karyawan yang ingin menonton harus mengajukan cuti.

Praktisi dan Konsultan Sumber Daya Manusia Audi Lumbantoruan menuturkan, bagi karyawan yang ingin mengambil cuti untuk menonton konser sah-sah saja. Sebab, hal itu adalah hak bagi setiap pekerja. Namun untuk mendapatkannya, pekerja harus memenuhi kewajibannya dulu.

1. Katakan Alasan Cuti dengan Jujur

Ia juga memberikan tips bagi kalian yang ingin mengajukan cuti ke bos buat nonton konser. Pertama, katakan alasan dengan jujur.

"Tidak jadi masalah (bilang kalau mau menonton konser), kan persoalan pribadi. Hampir mirip dengan 'mau ke mana cuit?' 'mau jalan-jalan', kan tidak mungkin tiba-tiba 'besok kamu dipecat ya', tidak boleh (langsung pecat). Nanti si pemberi pekerjaan akan ditegur sama Dinas Ketenagakerjaan," ujarnya dikutip dari detikfinance, Rabu (17/5).

2. Pastikan Jatah Cuti Masih Ada

Kedua, pastikan jatah cutinya masih ada dan disetujui untuk diambil.

3. Pastikan Pekerjaan Selesai

Ketiga, sebelum cuti pastikan semua pekerjaan tidak terbengkalai dan sudah mendelegasikan tugas kepada yang tidak mengambil cuti.

"Apapun pekerjaannya yang penting tahu lah bagaimana persiapannya, komunikasikan terlebih dahulu," tuturnya.

4. Ambil Cuti 2 Hari

Ia bahkan menyarankan untuk mengambil cuti sekitar dua hari apabila ingin menonton konser Coldplay. Hal itu supaya kondisi fisik dan stamina pekerja bisa tetap terjaga.

"Bagi saya yang paling penting adalah jaga fisik. Jangan sampai setelah cuti atau konser besoknya tidak masuk bekerja. Nah ini, kadang-kadang tidak ada persiapan, tidak ada koordinasi. Makanya ambil cuti itu juga harus ada persiapan," ungkapnya.

"Biasanya kan konser pulangnya malam, lebih baik dua hari cutinya. Jadi tidak kelelahan," lanjutnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner