Pemkab Balangan

KONI Balangan Ditarget Masuk 10 Besar Porprov Kalsel

apahabar.com, PARINGIN – Pemkab Balangan, memberi pekerjaan rumah kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat untuk…

Featured-Image
Sesi Latihan Cabor Panahan Kabupaten Balangan. Foto: Cabor panahan for apahabar.com

bakabar.com, PARINGIN – Pemkab Balangan, memberi pekerjaan rumah kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat untuk menembus 10 besar pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi, meminta agar KONI beserta cabang olahraga (cabor) yang berada di bawahnya menghidupkan kembali event-event olahraga sehingga meriah sampai ke pelosok-pelosok desa.

Permintaan perihal pekerjaan rumah yang diembankan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KONI Balangan periode 2022-2026, Syamsudinnoor.

“Hari ini KONI diberikan pekerjaan rumah besar oleh Bupati Balangan, untuk menembus sepuluh besar pada Porprov ke-XI tahun 2022 Kalsel yang akan digelar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun ini,” ucap Syamsudinoor kepada bakabar.com, Jumat (13/5).

Bukan hanya perihal capaian Porprov Kalsel dalam waktu yang sangat singkat tersebut, pekerjaan rumah besar juga diberikan agar Banua Sanggam ini kembali meriah oleh event-event olahraga yang melibatkan masyarakat hingga ke desa-desa.

“Dalam hal ini tentu kita diajak untuk mengenang kembali kegiatan olahraga di zaman Bumi Sanggam masih berada di era Kecamatan Paringin, di bawah kabupaten induk Hulu Sungai Utara, sebelum memisahkan diri dan berdiri sendiri sebagai Kabupaten Balangan, di mana kemeriahan event olahraga setiap tahun bergulir dan mampu memunculkan atlet-atlet lokal berbakat,” tuturnya.

Untuk menterjemahkan pekerjaan rumah tersebut, maka mulai hari ini sebagai langkah awal, pihaknya segera menyurati semua cabor untuk duduk bersama.

Hal itu sebut Syamsudinoor mulai dari melakukan evaluasi masing-masing cabor. Kemudian terkait kesiapan atlet di masing-masing cabor dalam menghadapi Porprov Kalsel, menginventarisir aset, sarana dan prasarana KONI dan cabor, serta hal lainnya.

“Terkait rencana jangka panjang, yakni memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat hingga ke desa-desa, maka KONI dan cabor nantinya akan berkoordinasi serta berkolaborasi dengan pemerintahan di desa” ucapnya.

Untuk diketahui, Syamsudinnor terpilih sebagai Ketua KONI Balangan secara aklamasi. Di mana untuk menghidupkan kembali kemeriahan pesta olahraga, dari 36 pengurus cabor di Kabupaten Balangan, 33 di antaranya sepakat menandatangani berita acara persetujuan hasil musyawarah KONI Balangan.

Salah satu di antaranya ialah menetapkan Syamsudinor sebagai Ketua Umum KONI Balangan Periode 2022-2026.

“KONI akan terus melakukan kontrol dan pengawasan kepada cabor-cabor, agar jangan sampai sepi event serta jangan sampai tidak sehat atau kekurangan dana kegiatan, untuk itu kita berharap agar masing-masing cabor terus melibatkan KONI untuk melaksanakan event-event olahraga,” kata Syamsudinor.

“Sehingga tercipta kerja sama untuk memajukan olahraga, dan tidak dapat dipungkiri bahwa event olahraga merupakan salah satu ajang promosi daerah, wisata dan bahkan peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner