DPRD Kalsel

Komisi DPRD Kalsel Dorong Kota Sarabakawa Jadi Lokasi Wisata Alam

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kabupaten Tabalong diminta kembangkan wisata berbasis alam dan kesenian. Hal itu disampaikan…

Featured-Image
Anggota Komisi II DPRD Kalsel Haryanto (tengah) saat lawatan ke Kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Tabalong. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kabupaten Tabalong diminta kembangkan wisata berbasis alam dan kesenian. Hal itu disampaikan anggota Komisi II DPRD Kalsel dalam lawatan ke Kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Tabalong, Selasa (28/12).

Anggota Komisi II DPRD Kalsel Haryanto mengatakan, Tabalong punya potensi alam yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jika dikemas dengan baik Tabalong mampu memberikan daya tarik dan kian diminati oleh wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara,” kata Haryanto saat berada di kota berjulukan Sarabakawa.

Tapi ujungnya, untuk mengembangkan potensi wisata di Tabalong perlu keseriusan dan investasi anggaran yang tidak sedikit.

Perlu suport Pemerintah daerah dan Provinsi untuk menyisihkan belanja daerah mengembangkan wisata alam dan kesenian lokal yang khas.

"Pengembangan destinasi wisata perlu anggaran besar, makanya kita berharap teman-teman di DPRD dan Pemprov (Kalsel) dapat mem-back up sehingga destinasi wisata yang ada di daerah bisa lebih berkembang,” sambungnya.

Selain menyimpan wisata alam, Tabalong juga punya wisata religi. Sejumlah bangunan masjid bersejarah dan makam ulama terdapat di wilayah yang berbatasan langsung dengan dua Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Sekretaris Dispora Kabupaten Tabalong Abdurrahman menyebutkan, obyek wisata yang paling sering dikunjungi adalah obyek wisata religius yaitu Makam Darunnafis dan Mesjid Pusaka disamping obyek wisata alam lainnya.

"Yang paling luar biasa banyak itu, biasanya haulan dan acara-acara religus", ungkapnya seraya berharap adanya dukungan konkrit dari DPRD dan Pemerintah Provinsi Kaimantan Selatan terhadap pembangunan destinasi wisata di Kabupaten Tabalong.



Komentar
Banner
Banner