Kisah Rasulullah Saat Hadapi Krisis Ekonomi

Nabi Muhammad SAW pernah menghadapi krisis ekonomi. Persoalan krisis ekonomi sebenarnya bukanlah hal baru.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Nabi Muhammad SAW pernah menghadapi krisis ekonomi. Persoalan krisis ekonomi sebenarnya bukanlah hal baru.

Krisis ekonomi sebenarnya sudah pernah terjadi pada masa Rasulullah SAW dan para sahabatnya saat melewati fase-fase dakwah Islam.

Krisis ekonomi saat itu pernah terjadi saat Rasul hijrah dari Makkah ke Madinah. Dengan metode kerja sama disertai dengan kesabaran, akhirnya krisis tersebut dapat dilewati dengan sukses.

Krisis Ekonomi pada Masa Rasulullah SAW

Dilansir dari Okezone, Senin (2/1), Madinah yang mempunyai sumber daya alam dan terletak di tempat yang sangat strategis ternyata tidak menjamin terjadinya kemakmuran di negeri itu.

Madinah pernah diterpa krisis ekonomi yang bekepanjangan. Kesejahteraan juga tidak terjadi secara merata. Hal ini dapat dilihat dengan jelas dari

Perbedaan tingkat ekonomi masyarakat yang sangat tajam.

Sebagian masyarakat sangat kaya, tetapi sebagian lainnya merana dalam jurang kemiskinan. Lebih dari itu, kondisi ini justru diperparah dengan krisis politik yang disebabkan oleh terjadinya pertikaian dan konflik para elite politik saat itu.

Krisis politik pun pada akhirnya memberi dampak negatif terhadap pengelolaan sumber daya alam dan manusia di Madinah.

HALAMAN
1234
Editor


Komentar
Banner
Banner