News

Kiprah Gapoktan Mitra Arjuna Binaan BI di Batu Jatim

Bank Indonesia (BI) terus melakukan pembinaan kemajuan petani di seluruh wilayah Tanah Air

Featured-Image
Ketua Gapoktan Mitra Arjuna Kota Batu, Jawa Timur, Luki Budiarti. Foto-apahabar.com/Aprie.

bakabar.com, BATU - Bank Indonesia (BI) terus melakukan pembinaan kemajuan petani di seluruh wilayah Tanah Air.

Salah satunya yang berhasil dibina BI, yakni Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mitra Arjuna di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, menjadi salah satu terbaik kedua Indonesia di ajang hortikultura Jakarta pada 2018 .

Ketua Gapoktan Mitra Arjuna, Luki Budiarti, menjelaskan keberhasilan mereka sebagai petani hortikultura tidak lepas dari campur tangan BI dalam melakukan pembinaan dan pemasaran.

Proses pengolahan apel untuk dijadikan sari buah Gapoktan Mitra Arjuna. Foto-bakabar.com/Aprie
Proses pengolahan apel untuk dijadikan sari buah Gapoktan Mitra Arjuna. Foto-bakabar.com/Aprie

Dalam pengembangannya, Gapoktan Mitra Arjuna tidak terbatas hanya jenis hortikultura buah apel tapi menurut Luki, semua jenis tanaman termasuk sayuran berpotensi bernilai ekonomis tinggi juga terus dikembangkan dan dikelola dengan maksimal.

"Seperti paprika, kentang dan jenis buah-buahan kita maksimalkan pengembangan serta pengolahannya. Contohnya dijadikan jenis kerupuk buah, sari buah dan lainnya," ujar wanita lulusan arsitek Universitas Brawijaya Malang ini di hadapan peserta Refreshment Wartawan Bank Indonesia Kalimantan Selatan. Selasa (25/10).

Terkait peran pemerintah daerah, Wakil Ketua 2 Gapoktan Mitra Arjuna, Imam Hanafi mengatakan, selama ini pihaknya juga terus bersinergi dengan Pemkot Batu, melalui dinas pertanian setempat.

"Selain sinergi kami dengan BI dalam hal pembinaan dan pemasaran. Sinergi kami juga dengan Dinas Pertanian Batu. Selama ini petani dibantu bibit dan pupuk," ujar Imam di tempat yang sama.

Editor


Komentar
Banner
Banner