Nasional

Khutbah Jumat di Al-Karomah Martapura, Guru Hasanuddin: Boikot Produk Pendukung Israel!

Khutbah Jumat di Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Kabupaten Banjar bertema konflik Israel dengan Palestina. KH Hasanuddin Badruddin menyerukan pembaikotan

Featured-Image
KH Hasanuddin Badruddin saat menjadi khatib salat Jumat di Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Jumat (17/11). foto-screenshot Al Karomah TV.

bakabar.com, MARTAPURA - Ulama asal Martapura. Kalsel, KH Hasanuddin Badruddin, menyerukan kepada umat muslim untuk membaikot produk Israel dan pendukungnya, Jumat (17/11).

Hal itu dia sampaikan saat menjadi khatib di Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Kabupaten Banjar, yang mengangkat tema tentang konflik Israel dengan Palestina.

Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura itu mengatakan agresi militer zionis Israel terhadap negara Palestina di jalur Gaza sudah kelewat batas. Warga sipil, kaum perempuan, anak - anak, turut menjadi korban. Tempat tinggal, gedung, sekolah, tempat ibadah hingga rumah sakit dibombardir.

Baca Juga: Tanpa Bakar Lahan, Kabun Jeruk Petani di Rantau Badauh Berbuah Lebih Lebat

Bahkan bantuan relawan dicegah oleh zionis Israel, aliran listrik dimatikan, bahan bakar disetop. "Ini sudah kelewat batas, dan melanggar perikemanusiaan. Walaupun ada usaha pemimpin dunia menghentikan peperangan itu, namun tidak dihiraukan zionis Israel," kata Guru Hasanuddin, dikutip dari live youtube Al Karomah TV.

Guru Hasanuddin melanjutkan, orang kafir dari Bani Israel sejak zaman dahulu telah dikutuk oleh Allah SWT, sebagaimana diucapkan Nabi Daud dan Nabi Isa Alaihi salam, disebabkan kedurhakaan dan perbuatan melampaui batas mereka terhadap kemanusiaan. Hal itu sebagaimana Firman Allah SWT dalam Surah Al Maidah ayat 78 - 79.

Putra dari almarhum KH Badruddin itu lantas membacakan ayat tersebut lalu menerjemahkannya. "Telah dilaknat orang - orang kafir dari bani Israel melalui lisan Daud dan Isa putra Maryam, yang demikian itu karena mereka durhaka dan selalu melampaui batas, mereka tidak saling mencegah perbuatan mungkar yang mereka perbuat. Sungguh buruk apa yang mereka perbuat," kata Guru Hasanuddin.

Dengan kekejaman dan kebiadaban zionis Israel terhadap rakyat Palestina, lanjut dia, maka Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram mendukung agresi Israel terhadap Palestina. Karena itu MUI merekomendasikan untuk menghindari atau menggunakan produk-produk yang mendukung Israel.

"Maka dari itu, melalui mimbar Jumat ini, saya mengimbau kepada seluruh umat Islam di mana pun berada, untuk membaikot semua produk-produk Yahudi Israel dan para pendukungnya, berupa barang - barang, makanan, minuman, atau lainnya," seru Guru Hasanuddin.

Baca Juga: Polisi Tangkap Maling Laptop dan HP di Karang Bintang Tanah Bumbu

"Mari kita baikot produk mereka dengan mengganti produk lokal. Mudah - mudahan dengan adanya pembaikotan ini, ekonomi zionis Israel dan kroni-kroninya akan anjlok dan bangkrut, biar mereka tahu bahwa umat Islam sudah bersatu dan tidak mudah dilumpuhkan," sambung Guru Hasanuddin.

Mengakhiri khutbah, pimpinan ponpes tertua di Kalsel itu sempat tersedu menangis saat mendokan rakyat Palestina. "Mudah-mudahan saudara - saudara kita di Palestina yang telah gugur mati syahid, ditempatkan oleh Allah di tempat yang layak. Amin ya rabbal alamin," tutup Guru Hasanuddin dengan tersedu-sedu.

Editor


Komentar
Banner
Banner