DPRD Balangan

Ketua DPRD Balangan Sampaikan Poin Strategis Penyusunan RPJPD 2025-2045

Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan meminta Pemkab Balangan untuk memperhatikan beberapa poin strategis dalam upaya mendukung percepatan pembangunan.

Featured-Image
uasana Musrenbang dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Balangan tahun 2025-2045 di Aula Mayang Maurai, Kamis (16/5).

bakabar.com, PARINGIN - Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan meminta Pemerintah Kabupaten Balangan untuk memperhatikan beberapa poin strategis dalam upaya mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Balangan.

Permintaan ini disampaikan Ahsani saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Balangan tahun 2025-2045 di Aula Mayang Maurai, Kamis (16/5/2024).

Adapun poin yang harus diperhatikan oleh Pemkab Balangan tersebut, sebut Fauzan, salah satunya adalah hilirisasi dari produksi yang telah dicapai atau telah tersedia, agar tidak hanya memperkuat sarana prasarana pendukung saja, namun dari segi budaya, penanganan penyakit tentu sangat diperlukan untuk memperkuat daya saing.

“Dengan hilirisasi kita dapat menjadi penyokong IKN sebagai penyangga pangan daerah,” katanya.

Kemudian di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan, Pemkab Balangan diminta lebih memfokuskan komoditas unggulan sehingga Balangan punya daya saing dan dapat dikembangkan secara masif dan lebih luas dan berklasifikasi industrial.

Poin strategis lainnya yang perlu diperhatikan oleh Pemkab Balangan adalah destinasi wisata. Ketua DPRD meminta agar destinasi wisata dapat dikembangkan lagi dan juga dilihat dari wilayah dari wisata tersebut.

"Ke depannya untuk lebih mempertimbangkan jarak, kemudahan jangkauan serta keindahan dengan pembiayaan pembangunan yang lebih murah dan dapat terjangkau untuk segala umur,” sarannya.

Terakhir, kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) juga perlu ditingkatkan agar bisa bersaing dalam keterbukaan ekonomi.

“Mewujudkan SDM ekonomi kreatif yang unggul dan berdaya saing, sehingga dapat menumbuhkan usaha 4.0 yang semakin beragam,” kata Fauzan.

Ketua DPRD berharap, poin-poin tersebut dapat menjadi perhatian berbagai pihak khususnya Pemkab Balangan dalam menyusun program prioritas pembangunan pada tahun 2025-2045 nantinya.

Editor
Komentar
Banner
Banner