Nasional

Ketika Jokowi Jawab Langsung Kritik Waketum MUI

apahabar.com, JAKARTA – Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab kritik Wakil Ketua MUI Anwar Abbas menjadi…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab kritik Wakil Ketua MUI Anwar Abbas. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab kritik Wakil Ketua MUI Anwar Abbas menjadi perbincangan. Pasalnya Jokowi sengaja mengesampingkan teks pidatonya dan menjawab kritik Anwar Abbas secara langsung.

Anwar Abbas Kritik Jokowi

Melansir detikcom, Minggu (12/12/2021), dalam acara Pembukaan Kongres Ekonomi Umat ke-2 MUI Tahun 2021, Anwar Abbas memang menyampaikan beberapa kritikan. Salah satunya soal ketimpangan pertanahan. Dia menyebut hal ini sebagai sesuatu yang memprihatinkan.

“Cuma dalam bidang pertanahan, indeks gini kita sangat memprihatinkan itu 0,59, artinya 1 persen penduduk menguasai 59 persen lahan yang ada di negeri ini. Sementara yang jumlahnya sekitar 99 persen itu hanya menguasai 41 persen lahan yang ada di negeri ini,” ujar Anwar Abbas.

Kritik lain yang disampaikan Anwar Abbas yakni banyaknya kelompok usaha kecil di Indonesia yang belum diperhatikan. Serta kesejahteraan yang belum merata.
Jokowi Jawab Langsung Kritik Anwar Abbas

Jokowi sengaja tak membaca bahan sambutan yang sudah disiapkan di acara pembukaan Kongres Ekonomi Umat Islam II MUI. Jokowi memilih menjawab kritik dari Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas yang disampaikan di sambutan sebelum dirinya.

“Tadi saya disiapkan bahan sambutan seperti ini banyaknya. Tapi, setelah saya mendengar tadi Dr Buya Anwar Abbas menyampaikan, saya nggak jadi juga pegang ini. Saya akan jawab apa yang sudah disampaikan oleh Dr Buya Anwar Abbas. Akan lebih baik menurut saya di dalam forum yang sangat baik ini,” kata Jokowi dalam acara pembukaan Kongres Ekonomi Umat Islam II MUI seperti disiarkan di akun YouTube MUI, Jumat (10/12).

Jokowi awalnya menjawab mengenai masalah pertanahan. Dia berbicara mengenai reforma agraria. Soal penguasaan tanah yang disinggung Anwar Abbas, Jokowi menegaskan bukan dirinya yang membagikan.

“Yang pertama yang berkaitan dengan lahan, dengan tanah. Penguasaan lahan, penguasaan tanah. Apa yang disampaikan oleh Buya betul. Tapi bukan saya yang membagi. Ya harus saya jawab. Harus saya jawab. Dan kita sekarang ini dalam proses mendistribusi reforma agraria yang target kita sudah mencapai 4,3 juta hektare dari target 12 juta dari yang ingin kita bagi,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan saat ini Indonesia sudah memiliki bank tanah. Jokowi akan melihat semua HGU (hak guna usaha) dan HGB (hak guna bangunan) yang ditelantarkan.

“Dan saat ini kita sudah memiliki bank tanah. Akan kita lihat HGU, HGB yang ditelantarkan semuanya. Mungkin insyaallah bulan ini sudah saya mulai atau mungkin bulan depan akan saya mulai untuk saya cabut satu per satu. Yang ditelantarkan. Karena banyak sekali. Konsesinya diberikan, sudah lebih 20 tahun, lebih 30 tahun tapi tidak diapa-apakan. Sehingga kita tidak bisa memberikan ke yang lain-lain,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan mengenai tawarannya kepada MUI terkait lahan. Namun Jokowi mengingatkan soal tujuan penggunaan lahan itu harus jelas.

“Tetapi kalau Bapak-Ibu semuanya, saya pernah menawarkan ini waktu pertemuan di Persis di Bandung karena ada juga yang menanyakan masalah itu saya jawab sama. Kalau Bapak-Ibu sekalian ada yang memerlukan lahan dengan jumlah yang sangat besar, silakan sampaikan kepada saya, akan saya carikan, akan saya siapkan. Berapa? 10 ribu hektare? Bukan meter persegi, hektare. 50 ribu hektare?” ujar Jokowi.

“Tapi dengan sebuah hitung-hitungan proposal juga yang feasible. Artinya ada feasibility study yang jelas. Akan digunakan apa barang itu, lahan itu. Akan saya berikan. Saya akan berusaha untuk memberikan itu, insyaallah. Karena saya punya bahan banyak, stok. Tapi nggak saya buka ke mana-mana. Kalau Bapak-Ibu sekalian ada yang memiliki, silakan datang ke saya, diantar oleh Buya Anwar Abbas,” sambung Jokowi.

Setneg Jelaskan Maksud Jokowi Jawab Langsung Kritikan

Stafsus Mensesneg, Faldo Maldini, menanggapi hal itu dengan berbicara tentang perhatian Jokowi terhadap persoalan ekonomi.

“Pemerintah, Presiden dalam hal ini, punya kejengkelan yang sama dengan kita semua, termasuk MUI. Persoalan yang sudah mengakar lama sedang berupaya diselesaikan satu per satu. Komitmen pemerintah sudah sangat jelas dalam pidato Presiden. Tinggal kita jalan bersama dengan penuh komitmen pula,” kata Faldo kepada wartawan, Sabtu (11/12/2021).

Faldo menjelaskan pemerintah sudah melakukan beragam upaya untuk menangani masalah ketimpangan. Menurut Faldo, apa yang disampaikan Jokowi di acara MUI kemarin sudah sangat jelas.

“Presiden jelaskan semuanya secara detail. Upaya yang dilakukan sudah sangat banyak. Berbagai strategi sudah ditempuh untuk menyelesaikan persoalan ketimpangan dan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Mekaar itu satu program, kalau disebut semua tidak cukup itu waktu acaranya,” ujar Faldo.

Mekaar yang dimaksudnya ialah Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar), yang merupakan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukkan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

Selain itu, Faldo berbicara mengenai Jokowi yang terbuka untuk dikritik. Keterbukaan itu, kata Faldo, menandakan bahwa Jokowi sudah banyak bekerja untuk rakyat.

“Yang tidak kerja takut dikritik. Presiden Jokowi mau dikritik langsung tidak soal. Beliau sudah banyak berupaya. Masalah hasilnya, tentu selalu jadi perdebatan. Ada yang sudah puas, ada yang belum. Tugas negara memastikan keadilan untuk semua. Siapa pun tidak mungkin senangkan semua orang,” imbuh Faldo.



Komentar
Banner
Banner