Tak Berkategori

Ketersediaan Hewan Kurban di Tanbu Melimpah, Satui Terbanyak

apahabar.com, BATULICIN – Ketersedian hewan kurban di Kabupaten Tanah Bumbu dipastikan tercukupi pada hari raya Iduladha…

Featured-Image
Ilustrasi hewan kurban. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Ketersedian hewan kurban di Kabupaten Tanah Bumbu dipastikan tercukupi pada hari raya Iduladha tahun ini.

Hal itu berdasarkan data yang disampaikan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu, Berkat, di Batulicin, Sabtu (9/7).

Berkat mengatakan dari data yang sudah mereka rekap, kebutuhan hewan kurban jenis sapi ada 1.298 ekor, kerbau 24 ekor, kambing 160 ekor, dan domba 15 ekor.

“Total semua jenis hewan kurban yang kita rekap jumlahnya mencapai 1.497 ekor. Ini meningkat dari tahun sebelumnya,” terang Berkat.

Berkat merincikan kebutuhan hewan kurban per kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk Kecamatan Satui, jumlah hewan kurban sapi ada 287 ekor, kerbau 3 ekor, dan kambing 22 ekor. Kemudian Kecamatan Angsana ada 100 ekor sapi.

Selanjutnya Kecamatan Sungai Loban 30 ekor sapi, Kusan Hilir 31 ekor sapi dan 21 ekor kerbau. Kusan Hulu 71 ekor sapi dan 29 ekor kambing.Sementara Kuranji ada 80 ekor sapi dan 43 ekor kambing.

Teluk Kepayang 48 ekor sapi, Karang Bintang 139 ekor sapi, dan Mantewe 76 ekor sapi.Selanjutnya Kecamatan Batulicin ada 188 ekor sapi, 28 ekor kambing, dan 14 ekor domba.

Terakhir, Kecamatan Simpang Empat ada 242 ekor sapi, 38 ekor kambing, dan 1 ekor domba.

“Data ini adalah yang terbaru kita rekap,” jelas Berkat.

Berkat memastikan semua hewan kurban yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu sehat dan terbebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kami pastikan semuanya sehat, karena sudah kita lakukan pemeriksaan dan mendapat label sehat,” ucapnya.

Komentar
Banner
Banner