Sport

Ketatnya Seri Pembuka MotoGP 2019, Dovizioso Kalahkan Marquez

apahabar.com, QATAR – Seri pembuka MotoGP 2019 di Qatar berlangsung ketat, Senin (11/3) dini hari Wita….

Featured-Image
Rider Ducati, Andre Doviziosi. Foto-motosport.com

bakabar.com, QATAR – Seri pembuka MotoGP 2019 di Qatar berlangsung ketat, Senin (11/3) dini hari Wita. Namun, performa Andre Dovizioso sepanjang 22 lap di sirkuit Losail berhasil mengalahkan juara bertahan Marc Marquez.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Dovi menyelesaikan balapan dengan waktu 42 menit 36,902 detik untuk menempati podium pertama. Diikuti Marc Marquez sebagai runner-up (+0,023 detik) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) di peringkat tiga (+0,320 detik).

Pebalap rookie Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo, di balapan debutnya, gagal start dari P5 karena tidak bisa mengawali lap pemanasan sehingga dia harus start dari pit lane.

Baca Juga:Liverpool Tempel City, Klopp Singgung Bantuan Angin Gol Burnley

Start yang buruk pula bagi Maverick Vinales (Monster Energy MotoGP) ketika dia melorot dari posisi pole ke peringkat di luar lima besar di lap pembuka.

Justru duo pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins dan Joan Mir, yang menyodok dari posisi 10 dan 11 ke posisi tiga dan empat menempel ketat pemimpin balapan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Pada balapan ini, Dovizioso melakukan start yang bagus. Rider Ducati ini melesat ke posisi pertama di awal balapan. Kemudian disusul Jack Miller dan Marc Marquez. Sementara itu Maverick Vinales gagal memanfaatkan pole position dan melorot ke posisi keenam.

Baca Juga:Sengit, Duet Ahsan/Hendra Rebut Juara All England 2019

img

Rider Ducati, Andre Doviziosi juara MotoGP Qatar bersama tim. Foto-motosport.com

Miller yang sempat ada di posisi kedua. Namun melakukan kesalahan lantaran kehilangan kecepatan. Ia pun melorot jauh ke posisi di luar 10 besar.

Perjuangan Dovizioso untuk di posisi depan, sempat direbut pebalap Suzuki, Alex Rins. Rins membuat kejutan lantara pula sempat menyusul Marc Marquez ketika 4 lap berjalan.

Rins kemudian terlibat persaingan ketat dengan Marquez di lap tujuh. Rins mampu memenanginya dan melesat jadi pebalap terdepan. Rins terus memegang posisi pertama sebelum akhirnya kembali disusul oleh Dovizioso di lap ke-11.

Sementara itu pada pertengahan balapan, Danilo Petrucci sempat muncul ke papan atas dengan menguntit Dovizioso dan Marquez. Setelah ia berhasil melewati Alex Rins dan Joan Mir.

Baca Juga:Hasil Liga Spanyol: Barcelona dan Atletico Kian Bersaing

Jarak antar pebalap masih rapat hingga menyisakan 10 lap. Dovizioso dan Marquez masih ada di urutan satu dan dua. Namun ‘Baby Alien’ belum melakukan manuver untuk menyusul Dovizioso.

Dovizioso terus menjaga posisinya hingga balapan menyisakan lima putaran. Sedangkan Marquez terus direpotkan oleh serangan-serangan Alex Rins. Rins berhasil berada di depan Marquez untuk jadi penguntit utama Dovizioso.

Persaingan semakin ketat, saat balapan tersisa empat lap. Marquez mulai meninggalkan Rins dan meningkatkan tekanan pada Dovizioso.

Baca Juga:Hasil Liga Inggris: City Tinggalkan Liverpool

Rider utama Honda ini lalu menyusul Dovizioso saat balapan menyisakan dua putaran. Lantaran Dovizioso melakukan kesalahan.

Untungnya Dovizioso membayar kesalahannya. Tepatnya pada trek lurus jelang lap terakhir. Seakan tak ingin menyerah, di lap terakhir Marquez berhasil menyusul Dovizioso.

Namun Dovizioso berhasil merebut posisi pertama di tikungan terakhir. Hingga ia mampu finish dan memenangi seri pembuka MotoGP tahun ini. “Wow, ini balapan luar biasa. Strategi? Tentu saja ini bagian dari itu. Hingga akhirnya mampu memenangi balapan ketat seperti ini,” ujar Dovizioso usai laga dikutip dari trans7.

Baca Juga:Hasil Liga Jerman: Muenchen Rebut Puncak Klasemen

Sementara itu, Valentino Rossi sendiri tampil cukup bagus di seri MotoGP Qatar. Start dari nomor urut ke-14, Rossi mampu menyusul banyak pebalap dan mengakhiri balapan di posisi kelima.

Berikut hasil 10 besar balapan GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu:1. A. DOVIZIOSO 42 menit 36,902 detik2. M. MARQUEZ +0,023 detik3. C. CRUTCHLOW +0,320 detik4. A. RINS +0,457 detik5. V. ROSSI +0,600 detik6. D. PETRUCCI +2,320 detik7. M. VIÑALES +2,481 detik8. J. MIR +5,088 detik9. T. NAKAGAMI +7,406 detik10. A. ESPARGARO +9,636 detik

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner