Tak Berkategori

Kereta Barang Ekspor Turki-China Berangkat Perdana,Lewati Dua Benua dan Dua Laut

apahabar.com, ANKARA – Kereta barang ekspor Turki-China melakukan keberangkatan perdana belum lama ini. Kereta tersebut menempuh…

Featured-Image
reta barang lintas benua.sumber: Istimewa

bakabar.com, ANKARA – Kereta barang ekspor Turki-China melakukan keberangkatan perdana belum lama ini. Kereta tersebut menempuh dua benua sekaligus dua laut.

Dilansir Republika pada Minggu (6/12), Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan kereta tersebut berangkat dari Turki menuju China pada Jumat (4/12) waktu setempat.

Kereta itu melewati Koridor Timur-Barat Tengah Trans Kaspia melalui jalur Baku-Tbilisi-Kars, menempuh jarak 8.693 km, melewati dua benua, dua laut, lima negara dan meneruskan perjalanannya ke China dalam 12 hari, menurut pernyataan kementerian itu. Kemlu Turki menuturkan bahwa 10 gerbong pertama telah berhasil beroperasi di jalur China-Turki-Eropa pada November lalu, kereta itu berangkat dari China menuju ke Praha.

Kereta telah melintasi jalur rel Marmaray dan melakukan perjalanan di Koridor Timur-Barat Tengah Trans Kaspia yang dipelopori oleh Turki.

“Turki akan terus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk lebih meningkatkan konektivitas antara Timur dan Barat dan untuk mempertahankan posisi sentralnya di wilayahnya,” kata pernyataan dari Kemenlu Turki.



Komentar
Banner
Banner