News

Kenalan dengan ‘The Beast’, Mobil Joe Biden di Pemakaman Ratu Elizabeth II

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden membawa kendaraan dinas ‘The Beast’ saat mengantarkan…

Featured-Image
The Beast, mobil Presiden AS Joe Biden saat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. (Foto: dok. U.S. Secret Service)

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden membawa kendaraan dinas ‘The Beast’ saat mengantarkan Ratu Elizabeth II ke tempat peristirahatan terakhirnya, Senin (19/9).

Biden menghadiri prosesi pemakaman bersama istrinya dengan menggunakan sebuah limosin Cadillac berlapis baja yang dijuluki 'The Beast'.

Limosin keluaran General Motors berlapis baja tersebut merupakan kendaraan dinas Presiden AS yang diklaim sebagai mobil lapis baja paling aman di dunia.

Dikutip dari Daily Mail, sejumlah petinggi negara lainnya yang mengikuti prosesi pemakaman menaiki sebuah bus yang telah dipersiapkan untuk menuju Westminster Abbey tempat Ratu Elizabeth II dimakamkan.

Namun, terdapat pengecualian untuk Presiden Negeri Paman Sam yang diberikan izin khusus oleh pemerintah Inggris untuk menggunakan kendaraan dinas miliknya sebagai salah satu upaya pengamanan untuknya.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang mobil dinas kepresidenan AS yang dibangun oleh Cadillac dengan julukan 'The Beast' tersebut.

Spesifikasi The Beast

The Beast garapan Cadillac digadang-gadang sebagai benteng berjalan dan menjadi mobil paling aman di dunia.

Di dalam mobil tersebut terdapat banyak persenjataan yang telah disiapkan untuk keamanan bagi tuannya.

Misalnya, seperti dibekali aliran listrik di gagang pintunya untuk menangkal para penyusup yang mencoba mengancam keamanan bagi orang nomor satu di AS itu.

Mobil yang merupakan warisan dari Presiden AS sebelumnya, yakni Barrack Obama itu, juga dibekali dengan senapan angin, granat roket, peralatan night vision, hingga granat gas air mata di dalamnya.

Baca berita selengkapnya di halaman selanjutnya…

Kendaraan dinas tersebut memiliki bobot yang sangat berat, mencapai 8 sampai 10 ton.

Bodinya terbuat dari lapisan antipeluru guna mencegah kerusakan saat ada bom meledak disekitar mobil tersebut.

Kaca jendela setebal lima inci juga diklaim dapat menghentikan peluru magnum berukuran 0,44 mm.

Bagian interior mobil tersebut juga dilengkapi dengan teknologi kedap udara jika terjadi serangan bahan kimia.

Ban yang digunakan The Beast juga dapat berjalan ratusan kilometer dalam keadaan kempis, meski tidak dapat melaju dengan cepat.

Sedangkan dalam hal performa, mobil ini membutuhkan waktu 15 detik untuk mencapai 0-100 km/jam.

img2

The Beast digadang-gadang sebagai benteng berjalan dan menjadi mobil paling aman di dunia. (Foto: US Secret Service)

Mobil tersebut juga bergerak dengan suplai oksigen sendiri yang dapat disalurkan langsung ke kabin yang tertutup rapat jika terjadi serangan.

Komunikasi top of the range juga memastikan Presiden AS memiliki kemampuan untuk mengirimkan kode yang diperlukan untuk menembakkan senjata nuklir dari dalam mobil The Beast saat keadaan darurat.

Harga yang dibanderol untuk mobil tersebut pun sangat fantastis. The Presidential Beast dibanderol 1,5 juta dollar AS atau setara Rp22,5 miliar.

Akan tetapi, kabarnya untuk penelitian dan pengembangan The Beast tersebut menghabiskan 15 juta dollar AS atau Rp225,3 miliar.

Komentar
Banner
Banner