Nasional

Kementerian PUPR Bakal Bangun Jalan Tol Bawah Air di Ibu Kota Negara Baru

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian PUPR tengah menyiapkan rencana teknis atau Detail Engineering Design (DED) pembangun tol…

Featured-Image
Kementerian PUPR akan membangun tol bawah air di Ibu Kota Baru (IKN). Foto-Istimewa.

bakabar.com, JAKARTA – Kementerian PUPR tengah menyiapkan rencana teknis atau Detail Engineering Design (DED) pembangun tol bawah air di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, tol bawah air adalah terowongan penyeberangan bawah air atau submersible crossing. Terowongan bawah air ini akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Namun, rencana ini masih mentah. Belum ditentukan lokasi tol bawah air yang akan tersambung ke ibu kota baru itu. “Nanti akan ada satu tempat, di situlah pada saat menyeberang sungai, maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air,” ujarnya dilansir CNN Indonesia yang mengutip Antara, Senin (24/1).

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menuturkan rencana pembangunan tol bawah air dimaksudkan untuk melindungi kawasan area lindung di sekitar ibu kota baru.

“Jadi, kita tidak mau area lindung itu dirusak. Kemudian juga terdapat area rawa di sekitarnya. Sehingga, akses konektivitas jalannya melalui tol bawah air,” imbuh dia.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengungkapkan bahwa infrastruktur dasar akan menjadi prioritas dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Sumber daya air, sambung dia, menjadi infrastruktur dasar yang disiapkan untuk pembangunan IKN. Pembangunan infrastruktur sumber daya air ini memprioritaskan dua hal.

Pertama, bagaimana menyiapkan pengendalian potensi banjir melalui pembangunan drainase kawasan. Kedua, memastikan bagaimana sumber air baku untuk IKN dapat terpenuhi secara bertahap.



Komentar
Banner
Banner