Hot Borneo

Kemenkeu Satu Kalsel Dukung Pertumbuhan UMKM, Paman Birin: Prioritas Pembangunan

Ratusan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengikuti expo dari Kementerian Keuangan Satu Kalimantan Selatan (Kemenkeu Satu Kalsel).

Featured-Image
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyampaikan Pemprov Kalsel terus mendorong pertumbuhan sektor produksi pertanian dan industri. Foto-apahabar/Baha

bakabar.com, BANJARMASIN - Ratusan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengikuti expo dari Kementerian Keuangan Satu Kalimantan Selatan (Kemenkeu Satu Kalsel).

Kegiatan yang berkolaborasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) ini dilaksanakan di Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan, Selasa (20/6).

“Lebih dari 150 UMKM mengikuti expo ini guna mendukung peningkatan kapasitas dan memberdayakan UMKM, juga turut serta melaksanakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Khususnya di Kalsel,” ucap Kepala Perwakilan Kemenkeu Kalsel, Ferdinan Lengkong.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengaku terus mendorong pertumbuhan sektor produksi pertanian dan industri.

Sehingga bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja di sektor formal dan meningkatkan akses UMKM terhadap kredit usaha yang diberikan oleh perbankan.

“Transformasi struktur ekonomi melalui hilirisasi industri dari bahan mentah atau setengah jadi ke bahan jadi dan pengembangan sektor pertanian, pariwisata serta UMKM telah diintegrasikan ke setiap program dan kegiatan pembangunan Kalsel,” katanya. 

Ia mengungkapkan pengembangan UMKM naik kelas dan modernisasi koperasi saat ini menjadi prioritas pembangunan Kalsel.

Karenanya, ia berharap UMKM memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Kalsel.

Terlebih, lanjut dia, supaya UMKM Kalsel mempunyai peluang untuk terus maju dan berkembang tentunya membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat sehingga memberikan kesempatan yang luas untuk menciptakan lapangan kerja.

“Juga mengurangi pengangguran dan kemiskinan, serta bisa melangkah lebih jauh lagi sebagai sektor yang meningkatkan daya saing bangsa di level perekonomian dunia,” tutupnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner