IFRA 2023

Kemendag: Bisnis Waralaba Sektor yang Perkuat Ekonomi Nasional

Direktur Bina Usaha Kemendag Septo Soepriyatno menyampaikan, bisnis waralaba atau franchise salah satu sektor yang mampu memperkuat ekonomi nasional.

Featured-Image
Direktur Bina Usaha Kemendag Septo Soepriyatno dalam sambutannya pada pembukaan IFRA 2023, di ICE BSD Tangerang Selatan, Jumat (25/8). Foto: Andi M/apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Direktur Bina Usaha Kemendag Septo Soepriyatno menyampaikan. Bisnis waralaba atau franchise salah satu sektor yang mampu memperkuat ekonomi nasional.

Ia memaparkan, hasil laporan tahunan kegiatan usaha waralaba tahun 2021 yang diolah Kemendag. Tercatat sebanyak 5.599 gerai dioperasikan dengan ssstem pengembangan bisnis waralaba.

"Dengan omset sebesar Rp20,8 triliun rupiah dan menyerap tenaga kerja sebanyak 53.670 orang," ujar Septo dalam sambutannya pada pembukaan IFRA 2023, di ICE BSD Tangerang Selatan, Jumat (25/8).

Baca Juga: IFRA 2023 Resmi Digelar, Majukan Bisnis Waralaba 

Adapun pertumbuhan brand lokal sebesar 40% dari tahun 2020 hingga 2022. Katanya, pertumbuhan bisnis waralaba saat ini akan terus meningkat.

Pada Juli 2023, tercatat sebanyak 135 Pemberi Waralaba Dalam Negeri dan 135 Pemberi Waralaba dari Luar Negeri yang telah memiliki legalitas berupa STPW. Jumlah ini naik 5% dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Asosiasi Franchise Indonesia: IFRA 2023 Bantu Kembangkan UMKM 

"Peran dan dukungan terhadap kewirausahaan harus mendapat perhatian sebesar-besarnya," tegas Septo.

Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan wirausaha nasional. Agar mampu mengejar target pertumbuhan rasio kewirausahaan di tahun 2024 mencapai 4%.

"Indonesia akan mengalami pertumbuhan ekonomi jika para wirausaha diberikan peluang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan usaha," jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner