Liverpool 1-0 Man City

Kemenangan Liverpool 1-0 dari Manchester City Diwarnai Kartu Merah Jurgen Klopp

Kemenangan Liverpool 1-0 dari Manchester City diwarnai kartu merah yang didapatkan pelatih The Reds, Jurgen Klopp.

Featured-Image
Liverpool bungkam Man City 1-0 (Foto: PremierLeague)

bakabar.com, JAKARTA – Liverpool sukses meraih poin sempurna ketika menjamu Manchester City dengan skor tipis 1-0 di laga pekan ke-11 Premier League 2022/2023 di Anfield, Minggu (16/10) malam WIB.

Duel antara dua raksasa Inggris itu berlangsung dengan seru dan sengit. Kedua tim saling jual beli serangan pada pertandingan yang diadakan di markas The Reds itu.

Duel bergengsi kedua raksasa Inggris itu juga diwarnai dengan dianulirnya gol Phil Foden, dan di usirnya pelatih Liverpool, Jurgen Klopp oleh wasit.

Dalam duel yang bertajuk Super Sunday itu, kedua tim memiliki banyak peluang, namun sayangnya, hanya ada satu peluang saja yang dapat dikonversikan menjadi gol oleh pemain Liverpool, Mohamed Salah.

Lagi-lagi Salah menjadi aktor kemenangan Liverpool. Ia mencetak satu-satunya gol di pertandingan tersebut untuk kemenangan The Reds.

Dengan kemeanngan tipis 1-0 ini, Liverpool berhak meraih 13 poin di klasemen sementara Premier League dengan bertengger di posisi kedelapan.

Sedangkan, pasukan Pep Guardiola tertahan di posisi kedua klasemen dengan raihan 23 poin, kini mereka terpaut empat poin dari pemimpin puncak klasemen Arsenal.

Babak Pertama

Kedua tim bermain dengan sengit sejak dimulainya laga tersebut. Sejak awal, kedua tim sudah saling serang namun masih gagal menciptakan peluang yang didapat menjadi sebuah gol.

Manchester City mendapat peluang bagus di menit ke-16. Tendangan yang dilakukan oleh Ilkan Gundogan dari luar kotak penalti masih mampu ditangkap dengan baik oleh Alisson Becker.

Empat menit berselang, giliran Liverpool yang mendapat peluang bagus. Diogo Jota yang menyundul bola umpan dari Elliott masih mampu ditangkap oleh kiper Man City, Ederson.

The Reds kembali mencoba peruntungannya di menit ke-23 lewat tembakkan Robertson di dalam kotak penalti. Namun sayang, tendangannya masih melesat jauh dari gawang Ederson.

Citizen mendapat peluang lagi di menit ke-32, striker haus gol mereka, Haaland mencoba keberuntungannya kali ini, namun masih saja digagalkan oleh Alisson.

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim belum mampu menciptakan gol.

Babak kedua

Usai turun minum, kedua tim bermain dengan tempo yang sama seperti di babak pertama. Babak kedua baru berjalan empat menit, Liverpool sudah mendapat peluang.

Berawal dari Counter Attack, Mohamed Salah langsung berhadapan satu lawan satu dengan kiper City.

Salah kemudian langsung melepas tembakan ke arah Ederson, namun bola yang diarahkan ke Ederson masih mampu di tepis olehnya sehingga bola keluar dari lapangan.

Man City sebenarnya mampu cetak keunggulan lebih dulu berkat aksi Phi Foden di menit ke-53 yang berhasil merobek gawang Alisson.

Namun sial bagi Foden, gol tersebut di anulir oleh wasit setelah pengadil lapangan itu memeriksa layar Video Assistant Refree (VAR).

Dua menit berselang giliran Liverpool yang mengancam gawang City. Umpan lambung Salah berhasil dimanfaatkan oleh Diogo Jota lewat sundulan, namun tandukannya itu masih melebar dari gawang City.

Peluang demi peluang silih berganti untuk kedua tim di babak kedua, akan tetapi kedua tim belum mampu mekonversikan peluang mereka dengan sebuah gol.

Akhirnya, di menit-76 pasukan Jurgen Klopp berhasil memecah kebuntuan mereka lewat serangan cepat yang diberikan oleh Alisson dari lini pertahanan.

Mohamed Salah yang mendapat umpan dari Alisson itu lantas tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia lantas langsung berhadap dengan kiper Ederson, namun kali ini Salah berhasil membobol gawang Ederson itu.

Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan anak asuh Jurgen Klopp tersebut.

Sial bagi pelatih The Reds, di menit ke-85 pelatih berkaca mata tersebut di hadiahi kartu merah oleh Anthony Taylor (wasit pertandingan).

Protes keras yang dilayangkan oleh Jurgen Klopp kepada keputusan wasit itu berdampak buruk baginya. Sehingga Jurgen Klopp diusir dari bench Liverpool.

Jelang menit-menit akhir babak kedua, Mohamed Salah cs kembali mendapat peluang emas. Namun kali ini, lewat aksi Darwin Nunez.

Nunez mendapat bola yang dapat dialirkan ke dua pemain Liverpool yang bergerak bebas yaitu, Carvalho atau ke Trent Alexander-Arnold di tiang jauh di kotak penalti City.

Namun sayang, umpan yang diberikan Nunez ke Arnold masih terlalu deras sehingga bola gagal dijangkau oleh Arnold.

Hingga wasit Anthony Taylor membunyikan peluit berakhir pertandingan, skor kemenangan 1-0 untuk The Reds tak berubah di laga Super Sunday itu.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; James Milner, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Thiago, Fabinho, Harvey Elliott; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Diogo Jota.

Pelatih: Jurgen Klopp

Manchester City (4-3-3): Ederson; Joao Cancelo, Ruben Dias, Manuel Akanji, Nathan Ake; Kevin De Bruyne, Rodri, Ilkay Gundogan; Bernardo Silva, Erling Haaland, Phil Foden.

Pelatih: Josep Guardiola

Klasemen Sementara Premier League

Klasemen pekan ke-11 Premier League
Klasemen sementara 10 teratas Premier League. (Foto: tangkapan layar)



Editor


Komentar
Banner
Banner