Kalsel

Kemenag Kalsel Kampanyekan Kerukunan Beragama

apahabar.com, BANJARMASIN – Sambut Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 tahun 2020, Kementerian Agama (Kemenag)…

Featured-Image
Pelepasan peserta Gerak Jalan Sehat Kerukunan dalam rangka Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 74 Tahun 2020. Foto-apahabar.com/Musnita Sari.

bakabar.com, BANJARMASIN – Sambut Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 tahun 2020, Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel mengampanyekan kerukunan umat beragama.

Kampanye itu ditandai dengan gerak jalan sehat bersama seluruh pemuka agama di Kalsel. Acara dipusatkan di depan Kantor Kemenag Kalsel, Jl DI Panjaitan No 19 Banjarmasin, Sabtu (28/12) pagi.

“Kita mengumpulkan semua umat beragama di Kalsel, bergandengan tangan untuk menunjukkan kita itu damai bersama-sama meskipun beragam,” ucap Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H Noor Fahmi kepada awak media di sela kegiatan.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian HAB ke 74 ini. Semuanya berkat kerjasama dengan UIN Antasari Banjarmasin, Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin, UPT Asrama Haji Banjarmasin serta Kemenag Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

img

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H Noor Fahmi. Foto-bakabar.com/Musnita Sari.

“Ada lomba di masing-masing kantor. Tapi secara bersama-sama puncaknya yaitu apel pada 3 Januari 2020 di Asrama Haji Banjarmasin nanti,” ungkap Fahmi.

Gerak jalan ini kata dia, sebagai salah satu wadah berkumpul masyarakat lintas iman dalam menunjukkan kerukunan beragama.

Di Kalsel sendiri, dinilainya masih dalam kondisi yang kondusif. Meski demikian, dia tak menampik beberapa waktu lalu beredar pemberitaan mengenai penistaan agama hingga dugaan ajaran sesat di wilayahnya.

“Kita akan lakukan tindakan, tapi kita pantau dulu sampai sejauh mana,” sahut dia.

Sementara itu, Gubernur Kalsel yang diwakili oleh Asisten III Pemprov Kalsel, Heriansyah, mengapresiasi kegiatan positif yang digagas oleh Kemenag Kalsel.

Masyarakat ujarnya dapat saling berbaur antar suku bangsa, agama serta budaya dalam suatu ruang publik.

“Bukan hanya gaya hidup sehat tetapi sekaligus mengkampanyekan kerukunan di Kalsel. Ada tiga yang kita dapat yaitu sehat, panjang umur dan pahala dari silaturahmi,” tuturnya.

Dalam kegiatan yang melibatkan ratusan peserta ini, panitia pelaksana menyediakan total 192 hadiah. Mulai dari peralatan elektronik, air zam zam, sepeda, sepeda motor hingga satu buah tiket umrah.

Baca Juga:Sudian Noor dan Istri Ikut Meriahkan Jalan Sehat di Peringatan Hari Ibu

Baca Juga:Jalan Sehat dan Karnaval di International Nurses Day 2019 Banjarmasin

Reporter: Musnita SariEditor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner