News

LS VINUS Kalsel Janji Awasi Tahapan Pilkada 2024

Pemantau Pemilu Lembaga Studi VINUS Kalimantan Selatan (LS VINUS Kalsel) bakal mengawasi seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Featured-Image
Pemantau LS VINUS Kalsel) bakal mengawasi seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Lembaga Studi VINUS Kalimantan Selatan (LS VINUS Kalsel) janji bakal mengawasi seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Dengan begitu, konsolidasi dilaksanakan untuk memperkuat koordinasi dan strategi dalam mengawasi proses demokrasi yang akan datang.

"Melalui konsolidasi ini, dapat menyusun strategi yang efektif untuk mengawasi setiap tahapan Pilkada, mulai dari pendaftaran calon, kampanye, hingga proses penghitungan suara. Partisipasi masyarakat dalam pengawasan sangat krusial untuk mencegah kecurangan dan memastikan integritas pemilu," ujar Koordinator LS Vinus Kalsel, Muhammad Arifin, Selasa (6/8) malam.

Arifin menekankan bahwa keberhasilan Pilkada bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, tetapi juga seluruh elemen bangsa.

"Kami mengajak semua pihak untuk bersinergi dan berkomitmen menjaga proses demokrasi yang bersih dan berintegritas. Mari bersama-sama kita wujudkan Pilkada 2024 yang sukses dan bermartabat," tuturnya.

Yusfitriadi sebagai Founder Visi Nusantara Maju juga memberikan pembekalan terkait teknis pemantauan dan pelaporan pelanggaran pemilu.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan para pemantau dalam menjalankan tugas mereka di lapangan.

“Konsolidasi ini juga menjadi ajang untuk berbagi informasi dan pengalaman dari pemilu-pemilu sebelumnya, sehingga para pemantau dapat belajar dari kasus-kasus yang pernah terjadi dan mengantisipasi potensi masalah di Pilkada 2024,” ucapnya.

Dengan semakin dekatnya pelaksanaan Pilkada, LS VINUS Kalsel terus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi dan menjaga kualitas demokrasi di Kalsel.

Selain itu, pengawasan terhadap Pilkada 2024 di Kalsel dapat berjalan lebih efektif dan optimal, demi terwujudnya pemilihan yang demokratis dan berkualitas.

Editor
Komentar
Banner
Banner