Nasional

Kemarau Panjang, Petani Salino Kotabaru Sukses Panen Raya Padi Sawah

Meski dilanda musim kemarau panjang petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Tani Karya Bersama berhasil melaksanakan pangan raya padi sawah

Featured-Image
Dilanda kemarau panjang, petani Kotabaru sukses panen raya padi sawah puluhan hektar. Foto: Diskominfo untuk apahabar.com

bakabar.com, KOTABARU - Meski dilanda musim kemarau panjang petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tani Karya Bersama, Desa Salino, Pulau Laut Tengah, Kotabaru, berhasil melaksanakan pangan raya padi sawah, Rabu (18/10/2023).

Panen raya padi sawah kali ini tak hanya dihadiri petani namun juga disaksikan langsung para pejabat dari instansi terkait, serta dihadiri langsung oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar.

Bupati Sayed Jafar menyampaikan, panen raya padi sawah tersebut merupakan keberhasilan yang patut diapresiasi dan ditiru oleh kalangan petani di Bumi Sa Ijaan.

"Keberhasilan ini selain untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah, juga antisipasi dampak kekeringan ekstrem yang sedang melanda," ujar Bupati Sayed.

Selain itu, Bupati Sayed bilang komoditas padi merupakan komoditas pangan strategis sebagai bahan pangan pokok masyarakat, sehingga pemerintah harus dapat menjamin ketersediaan pangan khususnya beras dalam jumlah yang cukup khususnya dalam menghadapi El Nino.

Walaupun saat ini daerah tengah dihadapkan dengan kondisi iklim yang cukup kering.

"Intinya, momen ini merupakan keberhasilan petani. Sebab, di tengah kondisi kemarau panjang mereka masih mampu panen raya," ucapnya mengakhiri.

Sementara itu, Zainal Arifin, perwakilan Kelompok Tani Karya Bersama Kotabaru mengatakan panen raya padi sawah tersebut di atas lahan seluas 37 hektare, dan masih tersisa 15 hektare yang siap dipanen.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada bupati, dan dinas terkait yang sudah membina dan membimbing kami hingga berhasil panen raya ini. Semoga ke depannya hasil panennya bisa makin meningkat," harapnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner