Nasional

Kelompok Jaya Tani Batulicin Berhasil Panen Padi di Musim Kemarau

Kelompok Jaya Tani di Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu berhasil melakukan panen padi.

Featured-Image
Panen padi di Kelurahan Gunung Tinggi, Batulicin. Foto-DKPP Tanbu.

aahabar.com, BATULICIN - Kelompok Jaya Tani di Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu berhasil melakukan panen padi.

Panen yang berhasil mereka lakukan yakni dengan luasan tanaman padi sekira lima hektar, belum lama tadi. Padahal saat ini kondisi cuaca musim kemarau.

"Kemarin Kelompok Jaya Tani di Kecamatan Batulicin masih bisa panen padi sekira lima hektar," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanah Bumbu, Hairuddin, Rabu (13/9).

Hairuddin mengatakan saat ini petani di beberapa kecamatan di Bumi Bersujud berhasil melakukan panen. Salah satunya yaitu di Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin ini.

“Alhamdulillah meski tengah mengalami fenomena El Nino atau kekeringan. Namun, petani masih bisa panen,” ujarnya.

Meski masih bisa panen, Hairuddin juga khawatir dengan daerah lainnya di Tanah Bumbu dengan kemungkinan gagal panen. Sebab daerah-daerah tersebut jauh dari sumber air.

Untuk itu, DKPP melalui para penyuluh di lapangan secara aktif memberikan penyuluhan kepada kelompok tani, agar mereka dapat memaksimalkan sarana dan prasarana yang tersedia, terutama dalam hal pengairan dan pompanisasi.

“Kita turun ke lapangan melakukan monitoring pemanfaatan sarana prasarana air dan memantau lahan-lahan padi sawah petani yang mulai panen, sekarang berada pada musim panen kedua,” pungkasnya.

Baca Juga: Kelompok Tani di Palam Banjarbaru Sukses Panen Padi Saat Kekeringan, Rahasianya? 

Editor


Komentar
Banner
Banner