Nasional

Kejar Target 2021, Jokowi: Segera Paparkan Peta Jalan Vaksinasi Covid-19

apahabar.com, JAKARTA – Upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia terus digencarkan. Teranyar, Presiden RI…

Featured-Image
Jokowi saat kampanye di Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Rifad

bakabar.com, JAKARTA – Upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia terus digencarkan.

Teranyar, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya segera memaparkan roadmap atau peta jalan pemberian vaksin Covid-19.

“Untuk roadmap pemberian vaksin, minggu ini saya minta secara khusus dipaparkan,” ujar Presiden dalam arahannya saat Rapat Terbatas Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui video konferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/10) pagi, dilansir Antara

Roadmap pemberian vaksin untuk memperjelas apa yang akan dilakukan pemerintah.

Dalam arahannya, Presiden juga menyampaikan data rata-rata kasus aktif Covid-19 di Indonesia hingga 11 Oktober 2020 menunjukkan hasil yang baik.

“Karena lebih rendah dari rata-rata kasus aktif Covid-19 dunia,” ujar mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jokowi juga menyampaikan kedisplinan dalam protokol kesehatan jadi kunci untuk menekan kasus positif Covid-19.

Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 telah diterbitkan. Namun begitu peta jalan vaksinasi Covid-19 masih dalam penyusunan.

Berdasarkan rencana sementara, kelompok prioritas yang akan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19, antara lain petugas medis di fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan yang melakukan pelacakan kasus, petugas pelayanan publik, serta aparat TNI dan Polri.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, seperti dilansir Kompas.com belum lama tadi berharap pada 2021, vaksin sudah bisa diberikan di sejumlah masyarakat,

“Protokol kesehatan di masyarakat tetap tidak boleh kendur meskipun harapan vaksin sudah ada. Pengadaan vaksin masih membutuhkan waktu yang tidak sebentar,” ujarnya.



Komentar
Banner
Banner