Kalsel

Kebakaran Jalan Manggis, Los Bedakan Diduga Sengaja Dibakar

apahabar.com, BANJARMASIN – Amuk api yang melanda Jalan Manggis, Gang Nangka RT 18 & 19 RW…

Featured-Image
Polisi melakukan olah TKP di rumah bedakan Jalan Manggis, Gang Nangka RT 18 dan 19 RW 2, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur, Jumat (29/5). Foto-apahabar.com/Riyad Dafhi R

bakabar.com, BANJARMASIN – Amuk api yang melanda Jalan Manggis, Gang Nangka RT 18 & 19 RW 2, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur, Jumat (29/5) siang tadi, diduga muncul karena disengaja.

Menurut salah satu saksi mata, Khadijah, sumber api berawal dari bedakan yang disekat lima pintu milik Rajimin. “Dari 5 bedak itu, salah satunya kosong, di situ saya melihat api pertama kali muncul,” terang Khadijah di lokasi kejadian.

Dari pengakuan cucunya, sang pemilik menduga bedakan tersebut memang sengaja dibakar.

“Soalnya tempat itu kosong, tapi di dalamnya banyak bahan yang mudah terbakar seperti kayu, ungkapnya.

Dugaan tersebut pun dibenarkan oleh Ayu, cucu Rajimin. Ayu menduga kebakaran tersebut dipicu oleh kesengajaan salah satu oknum penghuni bedakan R (25).

Ayu menuturkan saat kejadian ia sedang bersama kakeknya, Rajimin di tempat tinggal mereka. Mendadak ada tetangga yang berteriak ada asap keluar dari dalam salah satu los bedakan miliknya.

“Saya kemudian berlari dengan mbah untuk melihat,” ujarnya.

"Saya datangi bersama Mbah (kakek), pintunya di gembok. Lalu didobrak sama Mbah," tambahnya.

Mereka pun dibuat kaget saat melihat api telah melalap sebagian dinding ruang bedakan. Yang membuat Ayu curiga, ia menemukan cukup banyak kayu dan daun kering di salah satu pojok dinding di mana api berasal.

"Itu jelas dibakar, dia (R) itu tidak punya kompor. Dan di sana banyak sekali kayu dan daun kering," ujarnya sambil terisak.

Lebih lanjut Ayu menuturkan bahwa R ini telah beberapa bulan terakhir telat membayar uang sewa bedakan. Saat ditagih ia selalu meminta diberi perpanjangan waktu melunasi.

"Sejak April minta perpanjang terus untuk pelunasan padahal sudah beberapa bulan nunggak. Tadi pagi Mbah ini mungkin udah gak kuat dan memutus aliran listrik ke los bedak tersebut," ujar Ayu lagi.

Hal tersebutlah yang diduga Ayu menjadi latar belakang R nekat membakar bedakan tersebut hingga akhirnya juga turut mengenai rumah pribadi milik Rajimin, Mahmud dan Arbainsyah.

Sementara itu Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Alfian Tri Permadi melalui Kanit Reskrim, Iptu H Timur Yono saat ditemui di tempat kejadian membenarkan adanya dugaan dari pemilik bedakan bahwa kebakaran tersebut dipicu oleh kesengajaan salah satu penghuni bedakan.

"Iya, pemilik bedakan menduga seperti itu. Namun kita belum bisa berkomentar banyak karena masih melakukan penyelidikan," ujar Kanit.

Ia meminta waktu agar pihaknya diberi kesempatan untuk mengungkap kejadian yang sempat menghebohkan warga tersebut.

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner