Nasional

Ke Palangka Raya, Wapres Ma'ruf Amin Lantik Pengurus Daerah KDEKS Kalteng

Usai melaksanakan kegiatan kunjungan kerja di Kalimantan Timur, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin

Featured-Image
Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin saat menyampaikan sambutan dalam acara pengukuhan Pengurus Kadeks Kalteng. Foto: Istimewa

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Usai melaksanakan kegiatan kunjungan kerja di Kalimantan Timur, Wakil Presiden Ma'ruf Amin langsung bertolak menuju Kota Palangka Raya, untuk melaksanakan pengukuhan pengurus daerah Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kalteng di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, pada Selasa (24/10/2023) siang.

Kedatangan Wapres Ma'ruf bersama rombongan ini disambut langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, dan seluruh unsur Forkopimda serta tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Wapres Ma'ruf meminta agar Provinsi Kalimantan Tengah turut ikut serta menggerakkan berbagai sumber ekonomi baru dengan mengusung prinsip 'kebaikan syariah'.

Ia juga menyampaikan, dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah ini harus dilaksanakan dengan serius, karena dinilai mampu untuk menyokong ketahanan ekonomi secara nasional.

Menurutnya, konomi syariah saat ini telah menjadi tren secara global, dan banyak negara sudah memulai mengadopsi sistemnya, karena dinilai memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

"Para pelaku bisnis di China saat ini sudah mulai menerapkan jaminan halal bagi produknya, karena berbagai faktor, seperti permintaan pasar Muslim domestik maupun permintaan pasar halal global," ujarnya.

Dengan kehadiran KDEKS Kalteng yang merupakan bagian dari penguatan ekonomi syariah, KH. Ma'ruf Amin meminta kepengurusan yang sudah dikukuhkan, segera menyusun program secara komprehensif, terstruktur dan mampu menetapkan quick wins untuk jangka pendek.

Selain itu, para pengurus juga diharapkan dapat mengembangkan infrastruktur dan ekosistem ekonomi syariah yang terintegrasi, dan memastikan keberlanjutan program ekonomi syariah kedepannya.

"Dengan pengukuhan KDEKS Kalimantan Tengah ini, diharapkan mampu memberi masukan dan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan industri produk halal, industri keuangan syariah, dan dana sosial syariah, serta kegiatan dan usaha syariah," pungkasnya.

Usai menghadiri acara pengukuhan pengurus daerah KDEKS Kalteng di Kota Palangka Raya, Wapres Ma'ruf Amin kemudian bertolak menuju Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat untuk melaksanakan rangkaian kegiatan Peresmian Proyek milik Citra Borneo Indonesia (CBI) Group di Mercure Hotel Pangkalan Bun, sekaligus meninjau stan UMKM milik Abdul Rasyid Foundation.

Editor


Komentar
Banner
Banner