Sport

Katibin Pecahkan Kembali Rekor Dunia Panjat Tebing di IFSC World Cup 2022 di Prancis

apahabar.com, PARIS – Kiromal Katibin, atlet panjat tebing Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia panjat tebing. Pemecahan…

Featured-Image
Kiromal Katibin, atlet panjat tebing andalan Indonesia usai memecahkan rekor dunia panjat tebing atas namanya sendiri di IFSC World Cup 2022, Prancis, Jumat (8/7). Foto: News In France

bakabar.com, PARIS – Kiromal Katibin, atlet panjat tebing Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia panjat tebing. Pemecahan rekor itu terjadi di International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022 di Chamonix, Prancis, Jumat (8/7) waktu setempat.

Katibin sapaannya, memecahkan rekor dunia itu, saat menghadapi pesaingnya di babak kualifikasi, dengan catatan waktu 5,09 detik.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid bangga atas raihan Katibin, atlet andalan Indonesia tersebut.

“Alhamdulillah, atlet kita kembali menorehkan prestasi gemilang dengan memecahkan rekor dunia. Rekor dunia atas namanya sendiri,” kata Yeni Wahid yang turut menonton langsung Katibin di Prancis.

Yeni Wahid berharap, Katibin dapat mempertahankan prestasi ini hingga olimpiade nanti.

Rekor ini terbilang spektakuler, sebab dinding yang dipanjat setinggi 15 meter.

Dengan pecahnya rekor tersebut, gelar manusia tercepat panjat tebing semakin melekat pada diri Katibin.

Katibin juga bersyukur atas rekor dunia baru tersebut.

“Saya sangat senang sekali. Ini terjadi karena saya berlatih dengan keras. Terima kasih atas semua doa masyarakat,” kata Katibin.

Katibin berharap dengan prestasinya ini, bisa mendorong panjat tebing Indonesia semakin jaya.

Katibin sudah memecahkan rekor dunia di tiga seri IFSC World Cup 2022 sebelumnya.

Ketiga seri itu; IFSC Seoul, Korea Selatan, Salt Lake City, Amerika Serikat dan di Villars, Swiss.

Dengan pecahnya rekor baru di Perancis, berarti sudah empat kali atlet asal Batang, Jawa Tengah ini memecahkan rekor dunia panjat tebing.

Dengan raihan tersebut, Katibin memastikan satu tempat di babak final yang terdiri dari 16 atlet untuk memperebutkan medali.

Atlet nasional FPTI saat ini sedang berada di Eropa guna mengikuti turnamen panjat tebing dunia.

Dalam turnamen yang diikuti oleh 32 negara ini, Indonesia menerjunkan 20 atlet, 10 orang wanita dan 10 orang pria.

Dengan rincian, kategori speed putra enam orang, lead putra empat orang dan masing-masing lima atlet untuk speed dan lead putri.Turnamen berlokasi di Place du Mont Blanc, Chamonix, Perancis ini akan berlangsung dari 8-10 Juli 2022..



Komentar
Banner
Banner