Hot Borneo

Kasi Humas Polres Banjarbaru Purna Tugas, Berikut 37 Tahun Rekam Jejaknya di Kepolisian

Kenangan paling berkesan dicatatkannya kala bertugas di HSU. Saat duel bersama ODGJ.

Featured-Image
Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah kala melepas Kasi Humasnya, Kompol Tajudin Noor. Foto-Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Kasi Humas Polres Banjarbaru, Kompol Tajudin Noor resmi purna tugas di institusi kepolisian.

Puluhan tahun masa baktinya dilepas di lapangan samping Polres Banjarbaru, Kamis (4/5).

Kompol Tajudin Noor bilang, ia sudah 37 tahun mengabdi di institusi kepolisian.

Pria lulusan Akademi Kepolisian 1986 ini bercerita, pernah bertugas di Polres Hulu Sungai Utara selama 18 tahun.

Dan kenangan paling berkesan juga ditorehkan di sana. Sebab Tajudin pernah mempertaruhkan nyawanya kala berhadapan dengan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) alias stress.

"Pernah beradu dengan orang stress yang mengamuk di Polsek Amuntai Utara. Tapi Alhamdulillah selamat, hingga saya dijuluki pawang orang stress," ceritanya.

Setelah di Polres HSU, Ia kemudian dipindah tugaskan ke Polairud Polda Kalsel pada 2004. Dan di Polres Banjarbaru, pada 2006 hingga purna tugas.

Selama 37 tahun mengabdi, kata Tajudin, berbagai suka dan duka sudah ia rasakan. Mulai banyaknya tugas hingga harus meninggalkan keluarga.

"Sukanya, kita dapat banyak teman dan relasi," sambungnya.

Lantas, apa kegiatan usai purna tugas?

Jawabnya, dirinya akan lebih memfokuskan dan mengabdikan dirinya pada kegiatan olahraga yang sekarang digelutinya, yakni Judo.

"Kita akan banyak berkecimpung di bidang olahraga terutama judo dan karate serta perwasitan," jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah jabatan di kepolisian sudah pernah dijalani oleh lelaki kelahiran Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalsel ini. Di antaranya, Ba Sat Samapta Polres HSU 1985, Ba Sat Lantas Polres HSU 1987, Baur Lat Wat Pers Polres Hsu 1989, Banit Sat Lantas Polres HSU 1990.

Berlanjut, Ba Unit P3d Polres HSU 1993, Kanit P3d Polres HSU 1996, Kaur Bin Ops Samapta Polres HSU 2002, Ka Pos Pol Pasar Amuntai Polres HSU 2004.

Lalu Ba Unit Gakkum Dit Polair Polda Kalsel 2005, Ps Kasubnit Patroli Sat Sabhara Polres Banjarbaru 2006 dan Ps Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Banjarbaru 2010.

Dikisahkan nya pula, di sela waktu sebagai polisi, ia juga aktif di dunia seni bela diri, yakni karateka dan V Inkado, Judoka dan 1 PJSI, Wasit Nasional Karate PB FORKI, pembina/pelatih judo PJSI Kota Banjarbaru.

Hingga tahun ini, Kompol (Purn) Tajudin menjabat sebagai Ketua umum Pengrov Inkado Kalsel, Sekretaris Umum PJSI Kota Banjarbaru dan Ketua PBW DPN Perkasa Indonesia Pengprov Kalsel.

Sekadar informasi, lelaki berusia 57 tahun itu juga pernah menempuh pendidikan kepolisian SAG Tahun 2012 dan DAS Perwira Dikmas Lantas 2014 di Serpong.

Dan selama menjadi polisi, ia juga sudah meraih tanda jasa Satya Lencana 8 tahun, Satya lencana 16 tahun, Satya lencana 24 tahun dan Bintang Nararya.

Editor


Komentar
Banner
Banner