Kota Baru

Karirnya Melejit, Ini Cerita Penjual Martabak Bisa Nakhodai PAN Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU – “Hasil tidak akan mengkhinati usaha” begitu sebuah ungkapan menggambarkan orang yang bekerja keras…

Featured-Image
Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) Kotabaru.Foto-apahabar.com/Masduki

bakabar.com, KOTABARU - "Hasil tidak akan mengkhinati usaha" begitu sebuah ungkapan menggambarkan orang yang bekerja keras dan bekerja cerdas akan menuai apa yang ditanamnya. Kisah hidup Awaludin berikut menjadi bukti perkataan tersebut.

Pada 2009 lalu, Awaludin merantau dari Pulau Jawa ke Kotabaru. Di bumi Sa Ijaan, dia mencoba peruntungan dengan menjual martabak. Tak lama berteman gerobak, usahanya laris manis. Martabak buatannya diminati, sehingga dia pun harus merekrut karyawan dan membuka sejumlah cabang usaha.

Sukses jadi juragan martabak, Awaludin tak berpangku tangan. Dia menjajal medan usaha berbeda. Ayah dari 4 anak ini melamar sebagai karyawan di Bank Mega Kotabaru dan sempat bekerja di sana.

Berbekal pengalamannya mengomandoi usaha martabaknya yang sukses ditambah pengalaman menjadi karyawan di Bank, Awaludin menaruh dirinya dalam sebuah kompetisi. Dia mencalonkan diri sebagai Kepala Desa. Tak tanggung-tanggung, dia menarget menjadi orang nomor satu di Desa Sebatung Kecamatan Pulau Laut Utara, desa yang berada di pusat Kotabaru.

Sebagai seorang perantauan, Awaludin berani mengambil resiko untuk berebut simpati warga setempat. Tapi itu bukan perkara baru. Menjadi penjual Martabak telah mengajarkan banyak hal kepada dirinya. Dan, dia pun berhasil menjadi kepala desa.

Tak betah di posisi itu, Awaludin ingin berperan banyak untuk menyejahterakan masyarakat. Dia kembali berkompetisi di kasta lebih tinggi, yakni mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Bermodal jaringan dan gaya pembawaannya yang mudah bergaul dengan siapa pun, Awaludin kembali sukses meraih suara, bahkan melebihi target. Dia sukses duduk sebagai wakil rakyat.

Terbaru, Awaludin kembali dipercaya menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) Kotabaru.

Ia menggantikan HM Iqbal Yudian Noor, yang kini juga sukses menjadi wakil rakyat di Provinsi Kalsel.

“Iya, Mas. Alhamdulillah, baru kemarin saya menerima SK sebagai Ketua DPC PAN Kotabaru,” ucap Awaludin.

Ditanya sikapnya untuk PAN ke depan, Awaludin mengaku siap membesarkan partai, menjalankan amanah dengan maksimal.

“Intinya, memimpin partai di daerah ini merupakan anugerah dan akan saya jalankan dengan baik, demi kemajuan, dan membesarkan PAN di Bumi Sa ijaan ini khususnya,” jelasnya.

Sebagai informasi tambahan, Awaludin masih aktif di berbagai organisasi. Di antaranya, sebagai sekretaris Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) periode 2016-2022, Wakil Ketua Karang Taruna Kotabaru periode 2018-2021, Ketua BPC HIPMI Kotabaru periode 2020-2023, dan Wakil Ketua Kadin Kotabaru bidang UMKM sejak 2018-2022.



Komentar
Banner
Banner