Karhutla di Tapin, Satu Hektare Lahan Hangus

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin terjun lakukan pemadaman hutan dan lahan (Karhutla) yang terbakar di Kecamatan Bakarangan.

Featured-Image
Tim Gabungan BPBD Tapin bersama relawan Tapin saat melakukan pemadaman api di semak belukar Desa Masta Bakarangan, Tapin. Foto - Pusdalops PB BPBD Tapin.

bakabar.com, RANTAU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin terjun lakukan pemadaman hutan dan lahan (Karhutla) yang terbakar di Kecamatan Bakarangan.

Karhutla tersebut terjadi di Desa Masta Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin, tepatnya di titik koordinat -2.84297 115.09348.

Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin, Rahmani, menyampaikan pihaknya menerima informasi laporan karhutla sekitar pukul 15.20 WITA.

"Jenis lahan yang terbakar semak belukar kurang lebih satu hektare. Untuk korban luka ataupun jiwa alhamdulillah nihil," ujarnya dalam laporan, Senin (17/7) sore.

Baca Juga: Strategi Direksi Baru PTAM Bandarmasih Jika Bergerak Tanpa Penyertaan Modal

Baca Juga: Mengintip Taktik Imigrasi Banjarmasin Cegah Praktik Perdagangan Orang 

Tim gabungan dari BPBD Tapin bersama personel Polres Tapin, BPK Raha, BPK Surgirama, relawan dan masyarakat terjun melakukan upaya pemadaman dan pendataan.

Rahmani melaporkan sumber api belum bisa diketahui karena masih dalam proses penyelidikan pihak berwenang.

"Titik api hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari rumah warga. Sekitar pukul 17.17 WITA kondisi api sudah padam," pungkas Rahmani.

Sebelumnya BMKG memperkirakan pada Juli hingga September merupakan puncak kemarau, sehingga kemungkinan besar potensi karhutla akan mengalami peningkatan.

Editor


Komentar
Banner
Banner