Habar Ramadan

Kapan Sidang Isbat Ramadan 2023? Catat Jadwalnya!

Sebelum menentukan awal Ramadan, biasanya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Sebelum menentukan awal Ramadan, biasanya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat.

Lantas kapan sidang isbat untuk menentukan Ramadan 2023 digelar?

Selain untuk menentukan awal Ramadan, sidang isbat juga dilakukan untuk menentukan awal bulan kalender Hijriah, seperti Idulfitri hingga Iduladha.

Apa itu Sidang Isbat?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V, isbat bermakna penetapan. Sedangkan secara besarnya, sidang isbat adalah penentuan jadwal awal puasa Ramadan.

Seperti yang dituliskan sebelumnya, sidang isbat juga dilakukan untuk menentukan awal bulan kalender Hijriah, seperti Idulfitri hingga Iduladha.

Pelaksanaan sidang isbat dilakukan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dan beberapa pihak terkait.

Di dalam pelaksanaan tersebut nantinya akan dibahas pemaparan posisi hilal (untuk Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha), pelaksanaan sidang isbat, dan telekonferensi pers hasil sidang isbat.

Kapan Sidang Isbat 2023?

Melansir laman resmi Simbi Kemenag bahwa Kalender Hijriyah Indonesia Tahun 2023 M yang diterbitkan Kemenag RI, perkiraan puasa pertama di Bulan Ramadan 2023 yakni tanggal 22-23 Maret 2023.

Sedangkan Sidang Isbat penentuan tanggal awal puasa Ramadan 2023 akan digelar pada Rabu (22/3) mendatang.

Meskipun sidang isbat belum dilakukan, beberapa lembaga telah menetapkan 1 Ramadan 2023 pada Kamis, 23 Maret 2023. Hal tersebut tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 terkait Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H yang terbit pada 6 Februari 2023 lalu.

Berdasarkan maklumat tersebut, Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1444 H/2023 M akan jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Baca Juga: Apa Itu Hilal? Biasa Dijadikan Penentu Awal Ramadan

Editor


Komentar
Banner
Banner