Hot Borneo

Kapal Satya Kencana III Karam di Pelabuhan Kumai Kotawaringin Barat, Puluhan Mobil Tenggelam

KM Satya Kencana III dikabarkan karam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

pahabar.com, PANGKALAN BUN - Kapal Satya Kencana III dikabarkan karam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tegah, Rabu (19/10) dini hari. 

Informasi dirangkum, peristiwa itu terjadi sekira pukul 02.30 WIB saat sedang bersandar untuk bongkar muatan. Bermula saat truk besar akan turun ke dermaga, tapi justru hilang keseimbangan hingga membuat kapan ikut oleng.

Informasi ini dibenarkan Kepala KSOP Kumai, Hari Suryanto. "Dari data yang kami peroleh di dalam kapal tersebut ada 289 penumpang dan berhasil diturunkan dengan selamat, namun puluhan kendaraan terjebak di dalam kapal," terangnya.

Ada 10 unit kendaraan yang berhasil diselamatkan. Tapi 9 fusp dan dua mobil gagal dievakuasi.

"Sebelum kapal terbalik ada satu unit TB yang menyangkut di Rampdoor, di waktu bersamaan terdapat 1 TB roboh dan menyebabkan kapal miring dan mengakibatkan air masuk ke kapal," bebernya.

Saat kapal dalam kondisi oleng, petugas sempat menarik kapal dengan dua tugboat dengan harapan kapal bisa kembali stabil ke posisi semula. Tapi akhirnya tetap karam, karena air terlalu deras masuk ke bagian dalam kapal. 

"Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saat ini kita menunggu dari KNKT untuk penyelidikan dan evakuasi," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner