Tak Berkategori

Kapal Meledak di Mahakam Samarinda, Begini Kronologinya

apahabar.com, SAMARINDA – Warga Samarinda Kota mendadak dikejutkan dengan adanya suara ledakan dari Sungai Mahakam. Ledakan…

Featured-Image
Suasana pasca kapal yang meledak dan terbakar di Sungai Mahakam, Samarinda dipadamkan. Foto: Istimewa

bakabar.com, SAMARINDA – Warga Samarinda Kota mendadak dikejutkan dengan adanya suara ledakan dari Sungai Mahakam.

Ledakan tersebut diketahui berasal dari sebuah kapal di Galangan PT Barokah Perkasa, Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan, Samarinda, Kaltim, Kamis (11/2/2021) sekira pukul 14.50 Wita.

Dari informasi yang dihimpun bakabar.com, ledakan tersebut terjadi pada tangki depan dari kapal OB Gemilang Perkasa Energi (GPE).

Kronologinya, saat itu di dalam kapal terdapat 4 pekerja yang sedang melaksanakan pembuatan laporan bulanan inventaris kapal. Tak beberapa lama terdengar suara ledakan pertama yang membuat para pekerja itu panik.

“Saya langung menuju pintu keluar, lalu terdengar ledakan kedua dan saya langsung mencebur ke sungai bersama rekan lainnya untuk menyelamatkan diri,” kata Ilyas, salah seorang pekerja kapal.

Setelah itu terjadi ledakan disertai api. Api pun semakin membesar dan membakar kapal OB GPE itu. 4 pekerja yang di dalam kapal menceburkan diri ke sungai dan berhasil diselamatkan.

“Personel yang menceburkan diri ke sungai dua orang berhasil diselamatkan oleh Tug Boat Pesut Pendingin, dan dua lainnya sudah diketahui berada di luar kapal GPE. Jadi pukul 17.00 Wita empat personil itu diketahui keberadaannya dan selamat,” jelas Kasi Ops Basarnas Balikpapan, Octavianto.

Sementara itu, Ilyas menambahkan bahwa ia mengaku tidak mengetahui penyebab terjadinya ledakan yang membuat kapal terbakar.

Padahal, katanya, pagi hari sebelum kejadian dirinya memasang baut valve di mesin kapal dan kondisinya tidak terjadi masalah.

“Penyebabnya tidak diketahui, tetapi tadi pagi saya memasang baut valve mesin dan tidak terjadi masalah apapun,” tambah Ilyas.

Api baru bisa dipadamkan pada pukul 17.00 Wita oleh petugas pemadam kebakaran. Sementara itu dari kejadian ini terdapat kapal milik El Nusa Samudera 6 yang ikut terbakar.

img

Suasana pasca kapal yang meledak dan terbakar di Sungai Mahakam, Samarinda dipadamkan. Foto: Istimewa

Komentar
Banner
Banner