Banjarmasin Hits

Kanreg VIII BKN Siapkan Asrama Haji Lokasi Tes CASN 2023 di Kalsel

Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Nasional (Kanreg BKN) sudah menetapkan titik lokasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023.

Featured-Image
Para ASN dan PPPK. Foto : doc apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Nasional (Kanreg BKN) sudah menetapkan titik lokasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023.

Seleksi kali ini merupakan tahapan lanjutan untuk penerimaan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Kontrak Kerja (PPPK). Yakni berupa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi CPNS, dan Seleksi Kompetensi bagi pelamar PPPK.

Humas Kanreg VIII BKN Kalimantan, Gianita menuturkan, pihaknya memfasilitasi ujian calon ASN dengan metode computer assisted test (CAT) pada 29 titik lokasi di wilayah kerjanya.

Titik lokasi tersebut terdiri dari Kantor Regional BKN Banjarbaru (Kalsel), UPT Palangkaraya (Kalteng), UPT Balikpapan (Kaltim), UPT Tarakan (Kaltara), titik lokasi mandiri instansi dan mandiri BKN.

"Adapun titik lokasi mandiri BKN di wilayah kerja Kanreg VIII BKN terdiri dari asrama haji Banjarbaru, Hotel Grand Senyiur Balikpapan, dan Hotel Loca Palangkaraya," kata Gia, Jumat (10/11).

Perhelatan akbar ini dijadwalkan berlangsung di wilayah kerja Kanreg VIII BKN mulai 9 November sampai dengan 5 Desember 2023. Pelaksanaan ujian dengan metode CAT BKN berlangsung secara transparan.

"Karena peserta dan masyarakat dapat melihat secara langsung perolehan nilai atau skor saat mengerjakan ujian, selama pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi melalui laman youtube Kanreg VIII BKN Official," jelasnya.

Pelaksanaan ujian CAT sendiri merujuk pada mekanisme dan prosedur CAT BKN, yakni di antaranya ujian dibagi ke dalam 4 sesi per hari untuk pelamar CPNS dan 3 sesi per hari untuk pelamar PPPK. Sementara khusus Jumat, keduanya hanya berlangsung 2 sesi per hari.

Waktu pengerjaan ujian CAT BKN berlangsung selama 100 menit untuk SKD CPNS dan 130 menit untuk Seleksi Kompetensi PPPK. "Selanjutnya bagi pelamar CPNS yang sudah mengikuti SKD dan pelamar PPPK yang sudah mengikuti Seleksi Kompetensi dapat mengunduh sertifikatnya melalui sertificat.bkn.go.id," tuntasnya.

Sementara itu, Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag), Nizar, telah mengumumkan secara resmi terkait jadwal pelaksanaan SKD CPNS dan PPPK Kemenag 2023.

Namun, pelaksanaan SKD CPNS dan PPPK Kemenag 2023 itu ternyata berbeda tanggal.

SKD CPNS Kemenag 2023 dilaksanakan mulai 9 hingga 14 November 2023. Sementara Seleksi Kompetensi PPPK Kemenag 2023 akan dimulai 11 November hingga 7 Desember 2023.

“Kita akan mulai dulu dengan Seleksi Kompetensi Dasar untuk CPNS dari 9-14 November 2023. Adapun untuk Seleksi Kompetensi CPPPK dari 11 November-7 Desember 2023,” kata Nizar dikutip dari laman Kemenag. 

Editor


Komentar
Banner
Banner