Kalteng

Kampung Tangguh di Palangka Tuai Hasil di Tengah Pandemi

apahabar.com, PALANGKA RAYA —  Keberadaan Kampung Tangguh dan Ketahanan Pangan di Jalan Yogyakarta RT 1 RW…

Featured-Image
Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya takjub dengan hasil bercocok tanam kampung tangguh. Foto-Istimewa

bakabar.com, PALANGKA RAYA — Keberadaan Kampung Tangguh dan Ketahanan Pangan di Jalan Yogyakarta RT 1 RW 13, Kota Palangka Raya, mendapat apresiasi Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya.

Pasalnya keberadaan kampung tersebut mampu menuai hasil di tengah pandemi.

Warga di sana berhasil membangun kerjasama dan semangat gotong royong antar sesama.

Spirit “Dari Warga, oleh Warga dan untuk Warga” benar-benar tertancap di benak masyarakat di sana hingga mampu produktif di tengah pandemi.

“Warga yang mampu, sudah lebih sebulan menggantung makanan, untuk bisa diambil oleh warga tidak mampu,” kata Habib, Senin (29/6).

Bahkan ternyata para warga di perumahan tersebut, tak ingin membiarkan ada ruang kosong untuk dimanfaatkan sebagai tempat bercocok tanam dan pembudidaya hewan ternak.

Ternyata jerih payah mereka membuahkan hasil. Sebab hasil bercocok tanam yang dikerjakan, sudah bisa dipanen dan dinikmati bersama.

Menurut Habib, tak salah, jika tempat itu dapat dijadikan percontohan untuk ditiru di tempat lain dengan konsep “Dari Kita oleh Kita dan untuk Kita”.

“Jadikan kebudayaan gotong royong ini yang utama. Saya pikir ada hikmah positif di tengah pandemi Corona, yakni jiwa kebersamaan dan kesatuan semakin tumbuh,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner