Tak Berkategori

Kaltim Jadi DKI Jakarta Baru, Hadi Optimistis Pacu Pembangunan

apahabar.com, BALIKPAPAN – Dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kaltim, Wakil Gubernur Hadi Mulyadi optimistis kepindahan…

Featured-Image
Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi sambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Bandara SAMS. Foto-Seno/Humas Pemprov

bakabar.com, BALIKPAPAN – Dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kaltim, Wakil Gubernur Hadi Mulyadi optimistis kepindahan ibukota ke Kaltim mendekati nyata.

Siang tadi, Jokowi datang meninjau lokasi rencana ibu kota Republik Indonesia. Eks gubernur DKI Jakarta itu menyebut, Kaltim masuk dalam kandidat pemindahan ibu kota negara.

Baca Juga: Jokowi Ajak Menteri ke Bukit Soeharto, Ibukota Makin Dekat ke Kaltim

Menseskab Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum M Basoeki Hadimoeljono dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, juga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro turut serta dalam kunjungan.

Baca Juga: Jokowi Sebut Infrastruktur Kaltim Sudah Siap

“Pemprov sangat berterima kasih atas usulan ini. Harapan kita tentu saja Kaltim dapat lebih maju. Terkait penetapannya tentu kita menunggu keputusan presiden,” kata Hadi Mulyadi di VIP Room Bandara Internasional SAMS Balikpapan, dikutip bakabar.com dari laman resmi Pemprov Kaltim.

Baca Juga: Ke Bukit Soeharto, Jokowi Tatap Calon Ibu Kota Baru

Senada, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menilai ditunjuknya Kaltim menjadi salah satu kandidat kuat tak terlepas dari geliat Balikpapan menyediakan kebijakan khusus terkait penyiapan lahan.

Baca Juga: Ke Palangkaraya, Jokowi Tindaklanjuti Pemindahan Ibu Kota

“Untuk penunjangnya kita sudah ada. Seperti Bandara Internasional SAMS, termasuk pelabuhan lautnya dan jalan tol. Begitu juga lahannya,” ujar Rizal Effendi

Seperti diketahui dalam rapat terbatas yang digelar di Istana Negara beberapa hari lalu, pemerintah terus mematangkan rencana pemindahan ibukota.

Kajian tahap awal dari Bappenas, pemilihan wilayah ibu kota negara akan dilakukan ke luar Pulau Jawa. Salah satunya adalah Provinsi Kalimantan Timur.

Editor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner