MTQ Nasional XXIX 2022 Di Kalsel

Kafilah Kalteng Juara Pawai Taaruf MTQ Nasional 2022 di Kalsel

Kafilah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terpilih sebagai juara I pawai taaruf MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalsel, Selasa (11/10/2022).

Featured-Image
Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor mewakili Kafilah Kalteng saat pawai taaruf MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalsel. Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN - Kafilah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terpilih sebagai juara I pawai taaruf MTQ Nasional XXIX 2022 Di Kalsel, Selasa (11/10/2022).

Kafilah Kalteng diwakili Kabupaten Kotawaringin Timur tampil dengan mobil hias saat pawai taaruf MTQ Nasional 2022 Kalsel, di Martapura, Kabupaten Banjar.

"Hari ini merupakan suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang dipercaya mewakili Kalimantan Tengah pada Pawai Taaruf MTQ Nasional. Alhamdulillah meraih juara I pada kegiatan ini," kata Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor dikutip bakabar.com, Rabu (12/10/2022).

Pawai taaruf MTQ Nasional 2022 ini dibuka langsung Gubernur Kalsel, Syahbirin Noor alias Paman Birin, didampingi sejumlah pejabat daerah lainnya.

Saat pawai taaruf, mobil hias Kafilah Kalteng menarik perhatian penonton. Nuansa etnik dan religi dipadukan selaras sehingga menyuguhkan tampilan yang sangat menarik dan berbeda.

Baca Juga: Perdana! Pembukaan MTQ Nasional di Kalsel Berkonsep Digital, LED Raksasa Disiapkan



Halikinnor didapuk tampil menaiki kendaraan hias tersebut. Masyarakat antusias, bahkan banyak yang menyempatkan berfoto ketika mobil hias tersebut melintas lambat di rute yang dilewati.

Saat pengumuman, tepuk tangan dan teriakan gembira langsung terdengar ketika diumumkan, bahwa mobil hias Kafilah Kalteng dengan nomor peserta 3 dengan nilai 335 menjadi juara pertama.

"Terima kasih atas dukungan semua. Kami senang tadi warga juga antusias melihat mobil hias Kalimantan Tengah," kata Halikinnor.

Mobil dihias yang ditampilkan mengusung tema khas Kalteng, seperti banama atau perahu, burung tingang dan huma betang.

Ornamen khas Dayak Kalteng dipadukan nuansa Islami seperti kubah dan lainnya.

Tim mobil hias dipimpin Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kotawaringin Timur Raihansyah.

Menurutnya, tema yang diusung menggambarkan harmonisasi kehidupan beragama di Kalimantan Tengah.

“Kami mengusung tema Banama Tingang yang melambangkan serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, kearifan lokal, hingga semangat pantang menyerah. Untuk membawa masyarakat Kalimantan Tengah menuju bumi keberkahan,” kata Raihansyah.

Pawai taaruf diikuti 27 kafilah, ditambah dari perwakilan kabupaten/kota dan lembaga serta organisasi di Provinsi Kalsel.

Pawai ini menjadi awal rangkaian MTQ Nasional XXIX yang akan dilaksanakan 10-19 Oktober 2022.

Penyelenggaraan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 tersebar di tiga daerah, yakni di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Kegiatan MTQ dilanjutkan malam taaruf di Kota Banjarmasin yang juga diikuti seluruh kafilah pada Selasa malam.

Kemudian pada 12 Oktober 2022 akan dibuka Pameran MTQ dan Halal Food di Alun-Alun Ratu Zuleha Martapura, Kabupaten Banjar.

MTQ Nasional 2022 di Kalsel sendiri resmi dibuka langsung Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, pada Rabu malam.

Baca Juga: Bagi-bagi Topi hingga Duit, Kafilah Kalteng dan Jabar Jadi Rebutan di Pawai Taaruf MTQ Nasional

Editor
Komentar
Banner
Banner