Dishut Kalsel

Kadishut Kalsel Pantau Kesiapan Lokasi KTH Suka Maju

apahabar.com, BANJARBARU – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Hanif Faisol Nurofiq pantau langsung kesiapan lokasi…

Featured-Image
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Hanif Faisol Nurofiq memantau lokasi KTH Suka Maju. Foto-Dishut Kalsel for apahabar.com.

bakabar.com, BANJARBARU – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Hanif Faisol Nurofiq pantau langsung kesiapan lokasi Kelompok Tani Hutan (KTH) Suka Maju Hutan Lindung, Liang Anggang KPH Kayu Tangi, Kamis (11/07/2019) tadi. Rencananya dilokasi ini akan kunjungan anggota Komisi IV DPR RI.

Lokasi kunjungan anggota DPR RI komisi IV ini dikoordinir oleh Badan Restorasi Gambut. Tujuan kedatangan dari anggota DPR RI tersebut tidak lain adalah dalam rangka meninjau budidaya lahan gambut di Kalsel.

Lokasi hutan lindung yang dikelola oleh KTH Masyarakat Peduli Gambut Suka Maju Liang Anggang ini berada di dalam wilayah Kerja KPH Kayu Tangi Resort Pengaron. Dalam pembinaanya, dibantu oleh Fakultas Kehutan Universitas Lambung Mangkurat, sebagai lembaga yang meneliti.

Sedangkan dalam pengelolaan wilayah Gambut, bergandengan dengan Balai Restorasi Gambut. Dalam pengelolaan lahannya, yakni pembuatan kanal blok yang sudah selesai setahun sebelumnya.

Hanif dalam kunjungannya kali ini didampingi langsung oleh Sekretaris Dinas Kehutanan, Warsita dan Kepala Bidang PMPPS serta Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kehutanan Kalsel.

Selain melihat lokasi dari sekretariat KTH, Hanif juga bersama-sama dengan tim dari BRG meninjau langsung lokasi agroforestry yang langsung didampingi Ketua KTH MPG Suka Maju, Suparman.

Hanif menanyakan sekitaran kondisi pertumbuhan tanaman kehutanan yang sudah berjalan. Ketua KTH MPG Suka Maju mengatakan, sepanjang jalan di lokasi kanal blok tumbuh tanaman kehutanan seperti belangiran dan jelutung. “Salah satu tanaman yang sangat cocok di sini adalah jengkol,” katanya.

Baca Juga:Kadishut Kalsel Sosialisasikan TORA di Kabupaten Tabalong

Baca Juga:Inginkan Revolusi Hijau Dipercepat, Kadishut Kalsel Kunjungi KPH Sengayam

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner