Tak Berkategori

Kadinkes Tepis Isu Covid-19 Varian Delta Masuk Banjarbaru

apahabar.com, BANJARBARU – Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rizana Mirza menepis isu adanya Covid-19 varian delta…

Featured-Image
Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rizana Mirza. Foto-Net

bakabar.com, BANJARBARU – Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rizana Mirza menepis isu adanya Covid-19 varian delta di Kota Idaman.

“Sampai sekarang, saya tidak mendapat laporan terkait itu baik dari provinsi maupun BBTKLPP bahwa ada varian delta yang masuk Banjarbaru, isu itu tidak benar,” ujar Rizana kepada bakabar.com, Senin (28/06) sore.

Meski begitu, ia tak menampik jika ada kemungkinan varian delta masuk Banjarbaru. Sebab, kota berjuluk Idaman ini memiliki bandara dan tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi.

“Memang tidak menutup kemungkinan karena bandara kita kan buka. Banjarbaru juga tempat persinggahan. Tapi Fakta yang ada saat ini, pasien terkonfirmasi Covid-19 tidak ada yang dilaporkan varian delta,” tegasnya.

Untuk diketahui, varian delta yang awalnya ditemukan di India kini telah menyebar di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan varian tersebut terdeteksi di lebih dari 80 negara dan terus bermutasi saat menyebar.

Penelitian telah menunjukkan varian ini lebih cepat menular bahkan disebut bisa menular hanya dalam beberapa detik.

Lantas, apa antisipasi Dinkes Kota Banjarbaru untuk mencegah masuknya varian delta?

“Kita tidak membedakan virus, mau itu delta atau apa, yang penting kita tetap siaga. Pertama kita tingkatkan lagi pengawasan. Rs sudah siap, bukan cuma Rs Idaman, ada Rs lainnya seperti Rs Auri, Rs Islam Sultan Agung. Kedua, tim kami tetap melakukan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment), Ketiga, vaksinasi, masyarakat jangan takut vaksinasi, ini sudah dinyatakan aman dan halal,” jawab Rizana mendetail.

Terakhir, ia menyampaikan trend Covid-19 saat ini cenderung turun, meskipun begitu ia tetap meminta masyarakat waspada dan mentaati prokes.

“Melihat angkanya, cenderung turun tapi kita tetap harus waspada. Karena Banjarbaru ini persinggahan, dan bandara ada di tempat kita. Kami mengimbau masyarakat lebih disiplin lagi dalam rangka menjalankan prokes,” tutupnya.



Komentar
Banner
Banner