Banjarmasin Hits

Kadinkes Banjarmasin Bagikan Tips Jaga Kesehatan Selama Lebaran 2023

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadan membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan ketika menyantap makanan Lebaran yang sehat

Featured-Image
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadan membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan ketika menyantap makanan Lebaran yang aman dan sehat. Foto-Dok. apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Masyarakat Kota Banjarmasin mulai melakukan mudik Lebaran 2023.

Hal ini tentu memunculkan rasa senang, tetapi juga khawatir ketika menjaga kondisi badan tetap sehat selama Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadan membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan ketika menyantap makanan Lebaran yang aman dan sehat.

Ia mengatakan beberapa langkah harus diperhatikan, jika ingin merayakan Lebaran dalam keadaan sehat. Tentu juga pemudik  harus mengikuti peraturan perjalanan yang masih menerapkan protokol kesehatan.

“Makanan akan banyak ditemui saat lebaran. Makan makanan yang bergizi tentu harus tetap kita lakukan. Hanya saja saat lebaran kita kadang lengah, bukan bergizi lagi yang kita makan tetapi makanan yang yang kita inginkan,” ujarnya.

Selain itu, ia menyampaikan terlalu banyak makan camilan, juga sering membuat perit merasa kenyang sehingga lupa tidak makan yang seharusnya. Hal itu tentu harus diantisipasi saat Lebaran di kampung halaman nantinya.

“Buat saudara kita yang memiliki beberapa penyakit seperti Diabetes Melitus, tentu harus tetap menjaga agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis,” ucapnya.

Selain itu, bagi yang memiliki sakit hipertensi juga harus tetap menjaga agar mengendalikan makan makanan yang asin.

“Yang sakit kolesterol demikian juga, hindari makan makanan berlemak. Bagi yang memiliki penyakit maag juga harus tetap menghindari makan makanan pedas, masam,” tuturnya.

Atas itulah, Ramadan menyarankan masyarakat tetap meluangkan waktu untuk istirahat di tengah padatnya acara silaturahmi dengan teman, sahabat dan keluarga.

Mereka juga harus melakukan kegiatan olah raga, misal lari lari setiap pagi bisa dilakukan.

“Disamping menyehatkan juga bisa sambil menikmati suasana kampumg halaman yang sudah lama ditinggalkan. Jangan lupa setiap akan makan tetap harus mencuci tangan terlebih dahulu,” katanya.

Lebih rinci, Ramadan menyampaikan bila memungkinkan, masyarakat perlu melakukan periksa kesehatan sebelum mudik sesuai keluhan atau penyakit yang pernah diderita.

“Jangan lupa membawa obat obatan sederhana yang sudah biasa kita minum apabila sakit,” pungkasnya.

Ia pun mengharapkan semua masyarakat diberikan kesehatan saat mudik lebaran dan menikmati liburan bersama keluarga dengan penuh kebahagiaan.

Editor


Komentar
Banner
Banner