Nasional

Jutaan Warga Indonesia Kena Prank, Yana Si Orang Hilang Terancam Pidana

apahabar.com, BANDUNG – Kasus orang hilang di Cadas Pangeran, Sumedang, ternyata cuma rekayasa. Korban bernama Yana…

Featured-Image
Yana Supriatna (lingkaran merah) bersama anggota Polres Cirebon, sebelum dibawa ke Polres Sumedang untuk diperiksa. Foto: Pikiran Rakyat

bakabar.com, BANDUNG – Kasus orang hilang di Cadas Pangeran, Sumedang, ternyata cuma rekayasa. Korban bernama Yana Supriatna ditemukan di Cirebon, lantaran sengaja melarikan diri.

Yana berhasil ditemukan polisi di Cirebon, Kamis (18/11) malam. Selanjutnya pria tersebut dibawa ke Polres Sumedang untuk menjalani pemeriksaan.

“Yana diperiksa untuk mengetahui motif perbuatan,” jelas Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, seperti dilansir CNN.

Diketahui Yana pergi ke Cirebon untuk menemui istri muda menggunakan angkutan umum. Sedangkan sepeda motor sengaja ditinggal di Cadas Pangeran karena mogok.

“Keberadaan Yana diketahui dari pelacakan ponsel yang digunakan. Interogasi awal terkait masalah pekerjaan. Namun belum pasti, karena keterangan orang ini berubah-ubah,” jelas Eko.

Kabar penemuan Yana Supriatna pun seketika menjadi pergunjingan di jagat maya, sehingga sempat menjadi trending teratas di Twitter.

Sedikitnya 37 ribu cuitan membahas warga Dusun Babakan Regol, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat itu.

Warganet menyebut prank yang dibuat Yana telah sukses menipu jutaan masyarakat Indonesia.

Terlebih setelah dikabarkan menghilang, tak sedikit orang yang mengaku paranormal dan indigo menebak-nebak keberadaan Yana.

“Yana, lu bener2 yah yana, bener2 ngerusak citra kuncen, paranormal dan orang indigo," tulis akun @Hujandis***.

“Si Yana Meresahkan, 1 Indonesia Kena Prank,” tulis @Neruu***.

“Kuncen cadas pangeran auto insecure setelah di prank pa yana,” tambah @kiwc***.

Kendati sukses menarik perhatian jutaan orang, kasus rekayasa ini berpotensi berlanjut di ranah hukum. Terdapat dugaan tindak pidana penipuan dan penyalahgunaan laporan terhadap SAR.

“Bila hal ini disalahgunakan, tanggung akibatnya karena dapat dijerat hukuman pidana,” tulis Analis SAR Basarnas, Joshua Banjarnahor, via akun Instagram pribadi.

Sebelumnya Yana dikabarkan hilang misterius sejak Selasa, (16/11) malam di Cadas Pangeran. Pria ini juga sempat mengirimkan dua voice note kepada sang istri, sebelum menghilang misterius.

Selanjutnya SAR dari berbagai unsur berwenang, langsung melakukan pencarian di Cadas Pangeran. Pencarian resmi ditutup, setelah Yana diketahui berada di Cirebon.

Viral Voice Note Tangisan Warga yang Hilang Misterius di Cadas Pangeran



Komentar
Banner
Banner