Megaproyek IKN

Jusuf Hamka Kepincut Bangun Tol di Megaproyek IKN

Bos PT Citra Marga Nusaphala (CMNP) Jusuf Hamka siap join di megaproyek IKN. Pengusaha jalan tol itu ingin menyuntikkan dananya.

Featured-Image
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka (tengah). Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Bos PT Citra Marga Nusaphala (CMNP) Jusuf Hamka siap join di megaproyek IKN. Pengusaha jalan tol itu ingin menyuntikkan dananya.

Kata dia, perusahaannya siap membangun Jalan Tol di sekitar area kawasan penyangga IKN. Kapan pun jika dibutuhkan.

"Saya ini kan bukan bagian properti enggak bangun hotel dan rumah sakit. Saya bangun jalan tol. Kalau pemerintah minta jalan tol saya masuk," tuturnya di Jakarta dikutip, Senin (9/10).

Apalagi, bos CMNP itu mengaku punya tanah di sekitaran IKN. Tepatnya di Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur. Persis berada di pinggir sungai.

Baca Juga: Thales Prancis Bantu Teknologi di Megaproyek IKN

"Bagian dari CMNP, saya punya tanah di situ. Di daerah Palaran kurang lebih ada 76 hektare," tambahnya.

Ia lantas memuji progres megaproyek IKN. Jusuf Hamka mengapresiasi kinerja pengembangan infrastruktur di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Penilaiannya, pembangunan infrastruktur telah dilakukan secara merata. Mulai dari jalan tol, pelabuhan dan bandara. Bahkan hingga pengadaan waduk pemasok air baku di sejumlah daerah.

"Kalau buat proyek pembangunan, pernah saya lewati dari zaman Bung Karno, Pak Harto, Pak Habibie itu enggak ada ini spiritnya cepat begini. Kalau ini ibaratnya mobil kategorinya Ferrari seri," sanjungnya.

Sebagai pengingat. Megaproyek IKN memang sedang dikebut. Sesuai mandat Jokowi yang hendak menggelar HUT RI ke-79 2024 ibu kota negara baru.

Sejauh ini, progres pembangunan IKN tahap I sudah terealisasi separuhnya. Mencapai 49,42 persen. Tepatnya pada pertengahan September tadi.

Rinciannya; setidaknya empat proyek bakal rampung pada tahun ini. Yakni Embung Mentawir, Hunian Pekerja Konstruksi, Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sungai Sepaku.

Sejalan dengan rampungnya berbagai fasilitas dasar di IKN, sejumlah investor swasta mulai melaksanakan groundbreaking.

Baca Juga: Bos Mayapada Kepincut Bangun Rumah Sakit di IKN

Dimulai dari konsorsium Agung Sedayu Group (ASG). Diketuai oleh Sugianto Kusuma. Mereka telah memulai proyek konstruksi pembangunan Hotel Nusantara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) pada 21 September 2023 lalu.

Kemudian, ada sejumlah proyek lainnya yang sudah groundbreaking. Yakni pembangunan training center oleh PSSI, RS Abdi Waluyo, hingga hotel bintang empat oleh Vasanta Group.

Sementara itu, PT Pakuwon Jati (PWON) juga dikabarkan bakal segera melaksanakan groundbreaking di IKN. Rencananya November nanti.

Editor


Komentar
Banner
Banner