Piala Dunia FIBA 2023

Juara Piala Dunia FIBA 2023, Jerman Ukir Sejarah Baru

Timnas bola basket Jerman mengukir sejarah merebut gelar Piala Dunia FIBA pertama kali dalam sejarah pada tahun ini. 

Featured-Image
Tim Jerman ukir sejarah usai menjadi juara Piala Dunia FIBA 2023. (foto: FIBAWC)

bakabar.com, JAKARTA - Jerman mengukir rekor baru usai merebut gelar Piala Dunia FIBA 2023. Pasalnya, itu merupakan trofi pertamanya dalam sejarah.  

Keberhasilan itu didapatkan setelah menundukkan Serbia 83-77 pada di final yang berlangsung di Mall of Asia Arena, Pasay, Filipina, Minggu (10/9) malam.

Kesuksesan ini tak lepas dengan penampilan anak asuh Gordon Herbert di sepanjang turnamen.

Tim berjuluk Die Mannschaft tidak terkalahkan dan tampil luar biasa saat bertanding pada final pertama kalinya di turnamen tersebut.

Baca Juga: Piala Dunia FIBA 2023, 10 Pebasket NBA Siap Beraksi di Indonesia Arena

Dennis Schroder menjadi bintang Jerman setelah meraih 28 poin. Sedangkan rekannya Franz Wagner juga menyumbangkan 19 poin di pertandingan itu.

Jerman memang pantas menjadi juara di Piala Dunia FIBA 2023. Sebab, mereka juga berhasil mengalahkan Amerika Serikat pada semifinal yang berlangsung dramatis.

"Kami adalah juara dunia, kami tidak terkalahkan, kami memenangi semua pertandingan. Kami mengawalinya dengan grup yang berat, dan kemudian kami menghadapi Amerika Serikat di semifinal. Menurut saya, kami layak atas gelar juara dunia ini," kata guard Jerman Maodo Lo dilansir AFP.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia FIBA 2023, Indonesia Arena Buat Kagum Tim Spanyol

Sedangkan Serbia juga mengincar gelar pertamanya sebagai negara merdeka. Sayangnya, mereka harus kehilangan small forward Ognjen Dobric karena cedera saat permainan baru berlangsung kurang dari tiga menit.

Dobric mengalami cedera karena terjatuh dengan keras saat sedang menyerang. Ia sempat terlihat di tepi lapangan setelah mendapat perawatan, namun tidak kembali melanjutkan permainan.

Meski Aleksa Avramovic menjadi pencetak angka terbanyak bagi Serbia dengan 21 poin, disusul oleh Bogdan Bogdanovic dengan 17 poin, usahanya itu tidak cukup membantu timnya meraih kemenangan. 

Baca Juga: Jelang FIBA World Cup 2023, Timnas Basket Jajal Indonesia Arena

"Mereka (Jerman) layak atas kemenangan ini. Selama 40 menit mereka bermain di level yang tinggi, dengan keberlanjutan, sangat mengandalkan kekuatan fisik," kata pelatih Serbia Svetislav Pesic.

Serbia bermain tanpa power forward Borisa Simanic, yang harus menjalani operasi pada ginjalnya akibat cedera yang didapatnya pada fase awal turnamen.

Mereka juga tidak diperkuat bintang NBA Nikola Jokic, yang melewatkan turnamen ini karena ingin beristirahat setelah memimpin Denver Nuggets menjadi juara NBA musim ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner