Nasional

Jokowi Tunjuk Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri, Cek Faktanya!

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon…

Featured-Image
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah). Foto-Antara/Akbar Nugroho Gumay

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan masuk masa pensiun.

Terkait penunjukan Listyo Sigit oleh Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri, Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid mengaku belum mengetahui pasti.

Untuk itu, Jazilul memastikan pihaknya hingga saat ini belum menerima nama calon Kapolri baru pengganti Jenderal Idham Azis dari Presiden Jokowi.

“Belum,” kata Jazilul, seperti dikutip dari Okezone.com, Senin (11/1).

Terkait beredar nama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit yang dikabarkan telah ditunjuk oleh Presiden Jokowi, Jazilul pun mengaku belum bisa memastikan.

“Saya belum tahu pastinya,” ujarnya.

Sementara itu, seorang politikus partai penguasa di parlemen membenarkan kabar tersebut. Nama Sigit yang telah dipilih oleh Jokowi.

“Iya [Sigit dipilih Jokowi],” kata Politikus yang bernaung di Komisi hukum DPR ini, dikutip dari Merdeka.com, Senin.

Politikus ini mengakui memang sejauh ini Jokowi belum mengirimkan surat kepada DPR tentang calon Kapolri. Namun, menurut dia, surat itu dijadwalkan bakal dikirim pada Rabu (13/1/2021) nanti.

“Rabu [dikirim],” katanya singkat.

Diketahui sebelumnya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan 5 nama jenderal sebagai calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Penyerahan sejumlah nama itu dibenarkan oleh Ketua Kompolnas sekaligus Menko Polhukam, Mahfud MD.

Mahfud mengatakan, kelima jenderal tersebut seluruhnya berpangkat Komjen atau bintang tiga.

Mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafly Amar, dan Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, ada nama Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.

Komentar
Banner
Banner