Kalsel

Jokowi Resmikan Pabrik Johnlin, Paman Birin Pinta Dua PSN

apahabar.com, BANJARMASIN – Presiden Joko Widodo meresmikan langsung Pabrik Biodiesel milik Jhonlin Agro Raya (JAR), Kamis…

Featured-Image
Presiden Jokowi bersama pemilik pabrik biodiesel Johnlin, Andi Syamsuddin Arsyad. Foto: Youtube

bakabar.com, BANJARMASIN – Presiden Joko Widodo meresmikan langsung Pabrik Biodiesel milik Jhonlin Agro Raya (JAR), Kamis (21/10) siang.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan pabrik biodiesel senilai Rp2 triliun ini mampu memproduksi 1.500 ton solar B30 per hari.

“Akan menampung cukup besar hasil perkebunan kelapa sawit membuka lapangan kerja mendukung kebijakan penghematan devisa negara, serta memperkuat ketahanan energi nasional,” ujar Paman Birin, dalam sambutannya.

Pabrik ini, kata Birin, salah satu keberhasilan hilirisasi industri di kawasan ekonomi khusus Batulicin. Karenanya, gubernur mengusulkan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Batulicin sebagai kawasan berbasis industri pengolahan batu bara, semen, kelapa sawit dan kepelabuhan yang terpadu dengan kawasan industri Batulicin.

PT Maming 69 Hijaukan Pesisir lewat Mangrove, Puluhan Ribu Bibit Ditanam

Pengembangan KEK diyakini akan berdampak secara ekonomi dan sosial serta pemerataan pembangunan kewilayahan. Bahkan diperkirakan akan menyerap tenaga kerja hingga 96 ribu orang.

Sejalan dengan pengembangan KEK Batulicin, kata dia, maka pembangunan jalan lintas Batulicin-Banjarbaru kiranya dapat dibangun secepatnya.

Jalan lintas ini akan menghubungkan wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Banjar, Banjarbaru, dan Banjarmasin. Menghubungkan dua pusat pertumbuhan ekonomi Kalsel, yakni KEK Batulicin dengan kawasan strategis nasional wilayah metropolitan Banjarmasin.

“Jalan lintas ini mempersingkat waktu tempuh dari kisaran lima jam menjadi 2 jam, dibandingkan jalan nasional yang ada,” ujarnya.

Karenanya, Birin meminta dukungan Jokowi untuk KEK Batulicin dan jalan lintas Batulicin-Banjarbaru menjadi proyek strategis nasional atau PSN.

Tampak dalam peresmian Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan pemilik Pabrik JAR, Andi Samsudin Arsyad.

Untuk diketahui pabrik milik Jhonlin ini berlokasi di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu. Pabrik ini bakal memproduksi biodiesel dan minyak goreng.

Kapasitas produksinya mencapai 60 ton per jam atau 1.500 ton per hari tandan buah sawit (TBS).

Soal bahan baku, perusahaan ini rencananya akan mendatangkan resources crude palm oil (CPO) dari luar daerah. Sementara, 30 persen akan didatangkan dari wilayah Kalimantan Selatan.

Selain tangki penampung dan pengolahan CPO, pabrik ini juga dilengkapi jetty atau wadah sandar kapal. Pabrik milik Haji Isam ini disebut-sebut merupakan yang terbesar dari empat pabrik lain yang ada di Kaltim, Kalteng, serta Sulawesi.

Agenda Lengkap Jokowi di Kalsel, Ke Jhonlin Pakai Super Puma hingga Vaksinasi Serentak

Komentar
Banner
Banner