Nasional

Jokowi: Pengendalian Covid-19 Jadi Kunci Utama Pertumbuhan Ekonomi 2022

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa pengendalian Covid-19 penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia….

Featured-Image
Presiden Jokowi. Foto-Setkab

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa pengendalian Covid-19 penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bahkan menurut dia pengendalian Covid jadi kunci utama pertumbuhan ekonomi.

"Pengendalian pandemi Covid-19 adalah kunci utama pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022," katanya melalui akun media sosialnya Instagramnya @Jokowi, Jumat (19/11/2021).

Dia mengungkapkan saat ini indeks keyakinan konsumen sudah kembali lagi pada posisi sebelum pandemi, yakni di angka 113,4. Sementara itu indeks penjualan ritel menguat, seiring dengan peningkatan mobilitas 5,2%.

Kemudian purchasing manager index manufacture juga sudah melampaui angka sebelum pandemi. Dimana saat ini 57,2, sementara sebelum pandemi 51.

"Artinya apa? Manufaktur sudah berproduksi karena permintaan dari konsumen, dari dalam negeri dan luar negeri, meningkat pula," ujarnya, kutip Okezone.

Namun Jokowi mengingatkan, jika covid-19 tidak bisa dikendalikan maka ekonomi akan turun dan terpuruk lagi. "Karena itulah percepatan vaksinasi perlu kita laksanakan," tuturnya.

Selain itu dia menilai bahwa dengan adanya evaluasi level PPKM telah meningkatkan antusias pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19. "Antarprovinsi, antar kabupaten/kota berlomba untuk menunjukkan: saya level 1, saya level 2. Vaksinasi juga sama, saya sudah 60%, saya 70%, saya 80%," pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner