Megaproyek IKN

Jokowi Minta Semua Bangunan IKN Berkonsep 'Green Building'

Presiden Joko Widodo menegaskan seluruh bangunan yang dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN) harus berkonsep pembangunan hijau atau green building.

Featured-Image
Presiden Jokowi saat mengunjungi IKN pada Rabu, (1/11) lalu. (Dok.Sekretariat Presiden)

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan seluruh bangunan yang dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN) harus berkonsep pembangunan hijau atau green building.

Hal itu perlu dilakukan guna untuk mendukung prinsip infrastruktur hijau yang ramah lingkungan dalam pengembangan ibu kota baru Indonesia tersebut.

"Ke depannya memang selalu saya tekankan kepada siapa pun yang membangun IKN gedungnya harus gedung hijau, kemudian lingkungannya harus hijau, dan kawasannya pun harus menjadi kawasan hijau," kata Jokowi seperti dilansir Antara, Rabu (20/12).

Baca Juga: Belum Ada Investor Asing di IKN, Jokowi: Sudah Partner dengan Lokal!

Sejumlah titik seperti area Sumbu Kebangsaan hingga lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) akan dilakukan penanaman pohon guna mendukung proses penghijauan di IKN.

“Hari ini kita akan lakukan penghutanan kembali (reforestasi), melakukan penanaman pohon-pohon endemik agar IKN ini menjadi kawasan yang sangat hijau, yang di negara mana pun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau Nusantara ini,” tutur dia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengungkapkan prinsip bangunan gedung hijau (BGH) dan bangunan gedung cerdas (BGC) diterapkan pada proyek pembangunan gedung-gedung pemerintahan di IKN.

Baca Juga: Upaya Hijaukan Kembali IKN, 1,5 Juta Bibit Pohon Sudah Tertanam

Kementerian PUPR terus meningkatkan penerapan infrastruktur hijau di Indonesia, yang berperan penting untuk memastikan pembangunan yang dilakukan tetap dapat menjaga aspek fisik lingkungan dan biocapacity.

Dengan demikian mampu melestarikan natural system dengan tetap memperhatikan aspek sosial, budaya, dan ekonomi yang pada muaranya menaikkan kualitas hidup masyarakat.

Editor
Komentar
Banner
Banner