Nasional

Jokowi Minta Menkeu Siapkan Anggaran 2 Juta Paket Obat Gratis

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani menyiapkan anggaran untuk 2…

Featured-Image
Presiden RI Joko Widodo. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani menyiapkan anggaran untuk 2 juta paket obat gratis terkait penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Jokowi menyebut pembelian obat dan vitamin gratis tak membutuhkan anggaran besar. Menurutnya, obat-obatan gratis sangat dibutuhkan penderita Covid-19 bergejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG).

“Saya minta Bu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) disiapkan paling tidak di atas 2 juta paket. Kan enggak mahal,” kata Jokowi pada siaran video di channel YouTube Sekretariat Presiden, dilansir dari CNNIndonesia, Sabtu (17/7).

Jokowi menyebut setiap paket obat dan vitamin gratis dari pemerintah hanya menghabiskan anggaran senilai Rp63 ribu. Artinya, untuk 2 juta paket membutuhkan anggaran sekitar Rp126 miliar.

“Kan bukan anggaran yang gede tapi rakyat merasa tenang karena memiliki barangnya karena sekarang ini banyak ke Apotik, ke Pasar Pramuka barang enggak ada,” ujarnya.

Selain paket obat, Jokowi juga menekankan agar bantuan sosial baik tunai maupun sembako segera digelontorkan. Jokowi mengatakan bansos sudah harus dibagikan dalam pekan ini.

Mantan wali kota Solo itu pun meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mendampingi proses pencairan bansos.

“Betul-betul percepat, saya minta Bulog dan utamanya Menteri Sosial jangan ragu-ragu karena prinsipnya adalah yang paling penting kita ini enggak nyuri, enggak ngambil,” katanya.

Jokowi telah menginstruksikan penyaluran dua paket obat dan vitamin untuk pasien Covid-19. Masing-masing paket itu terdiri 300 ribu paket. Secara total ada 600 ribu paket yang bakal diberikan.



Komentar
Banner
Banner