Kunjungan Jokowi

Jokowi Mau Datang, Tabalong Terendam 

Banjir rupanya masih menjadi momok bagi masyarakat Tabalong sekalipun menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo. 

Featured-Image
Banjir masih menjadi momok sebagian besar masyarakat Tabalong, Kalimantan Selatan. apahabar.com/Amin

bakabar.com, TANJUNG - Banjir rupanya masih menjadi momok bagi masyarakat Tabalong sekalipun menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo. 

Jelang kedatangan orang nomor satu 17 Maret, sebagian rumah hingga akses jalan di wilayah Bumi Sarabakawa terendam.

Pantauan bakabar.com, debit Sungai Tabalong meningkat setelah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur diguyur hujan lebat sejak beberapa hari terakhir. 

Pemantauan banjir
Anggota Polres Tabalong memantau sejumlah titik yang terendam banjir dan mengingatkan warga agar waspada. Foto: Humas Polres Tabalong untuk bakabar.com

Sejumlah permukiman warga terendam imbas peningkatan air sungai. Di antaranya, RT 3, 4, dan 5, Desa Nawin, Kecamatan Haruai.

Luapan sungai juga melanda Desa Halong. Genangan air bahkan sudah sampai ke jalan, meski belum mengganggu arus lalu lintas.

Dari RT 9 Kelurahan Belimbing, Kecamatan Murung Pudak, ada 30 warga yang rumahnya tidak bisa diakses menggunakan roda dua dan roda empat.

Ada juga 10 kepala keluarga yang rumahnya terendam. Tinggi air di kawasan itu diperkirakan mencapai 30-50 sentimeter.

Baca Juga: Remaja Diduga Tenggelam Saat Mandi di Sungai, Tim SAR Masih Lakukan Pencarian

Di RT 2 Desa Usih, Kecamatan Bintang Ara, ada lima kepala keluarga yang terdampak. Sejumlah akses jalan di Desa Waling terendam hingga mengganggu lalu lintas kendaraan.

Selanjutnya akses jalan perbatasan Desa Bintang Ara, Burum dan Bumi Makmur juga terdampak. Namun, akses jalan di kawasan itu masih bisa dilalui. 

Di RT 3, Desa Ribang, Kecamatan Muara Uya, debit air terpantau sudah mengalami penurunan. Meski begitu, kendaraan roda dua dan roda empat belum bisa melintas. 

"Masyarakat yang rumahnya berada di bantaran sungai supaya terus waspada. Amankan barang berharga, aliran listrik pastikan aman dan jaga anak-anaknya agar tidak bermain di bantaran sungai," pinta kapolres Tabalong melalui PS Kasi Humas Iptu Sutargo, Senin (13/3).

Baca Juga: Prakiraan Cuaca 13 Maret 2023, Hujan Merata di Seantero Kalsel

Untuk wilayah tengah dan selatan Tabalong, dia juga meminta masyarakat waspada.

"Mengingat air dari Hulu Tabalong ini akan mengalir ke wilayah hilirnya, maka kami imbau masyarakat di tengah dan selatan Tabalong juga waspada," ucap Sutargo.

Kunjungan Jokowi

Untuk kali pertama, setidaknya dalam 57 tahun terakhir, Presiden Jokowi bakal mengunjungi Kabupaten Tabalong. 

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner