Tak Berkategori

Jokowi: Harga Gula dan Bawang Akan Turun Pekan Depan

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan harga bahan pokok akan kembali stabil menjelang Ramadan,…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas melalui video conference di Istana Kepresidenan, Bogor, Kamis (02/04). Foto-Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan harga bahan pokok akan kembali stabil menjelang Ramadan, bulan ini.

Jokowi mengatakan, harga gula dan bawang putih yang dalam sebulan belakangan ini cukup melejit akan segera turun.

“Untuk gula, saya dapat laporan Mentan bahwa minggu depan akan turun ke kondisi normal yakni Rp 12.500/kg. Bawang beberapa juga sudah masuk. Kita harapkan bawang putih, minggu depan atau syukur, minggu ini kembali normal di harga Rp 20-30 ribu/kg,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas lewat video conference dari Istana Kepresidenan, Bogor, seperti dilansir dari tempo.co, Kamis (02/04).

Mengacu pada data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, sejumlah bahan makanan pokok naik selama bulan ini. Rata-rata harga cabai rawit merah di pasar tradisional seluruh provinsi per kilonya mencapai Rp 50.850 atau naik 27 persen dibanding harga pada 3 Maret 2020.

Kenaikan harga bahan pokok yang fantastis juga dialami gula pasir. Rata-rata harga gula pasir lokal di seluruh pasar tradisional di tanah air kini mencapai Rp 18.450. Harga gula pasir ini naik 23,4 persen dibanding harga 3 Maret lalu. Adapun harga bawang merah juga naik per kilonya menjadi Rp 40.700/Kg. Harga bawang putih di dalam negeri masih berada di kisaran Rp.45.000/kg.

“Kita harapkan Minggu depan semua sudah normal dan kita harus memastikan distribusi logistik ini lancar sehingga bahan pokok tersedia di pasar-pasar,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, selama ini terjadi gangguan distribusi karena ada beberapa daerah yang memblokir jalan akibat wabah Corona atau Covid-19.

“Saya harapkan Mendagri tegur daerah yang memblokir jalannya di daerah agar urusan distribusi logistik tidak terganggu. Saya dapat laporan dari 3 daerah, beras terganggu karena jalan ditutup. Tolong kepala daerah diberitahu ini,” ujar Jokowi.(Tmp)

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner