Haul Abah Guru Sekumpul Ke-19

Jemaah Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul Padati Posko Rest Area Masjid Agung Riadussalihin Barabai

Pantauan apahabar.com, Jumat (12/1/24) siang, Posko Layanan Haul di Halaman Mesjid Agung Riadussalihin Barabai mulai dipadati jemaah dari berbagai daerah.

Featured-Image
Posko Layanan Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul di Halaman Mesjid Agung Riadussalihin Barabai, Kabupaten HST. Foto: apahabar.com/Luthfia.

bakabar.com, BARABAI - Rombongan jemaah Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul mulai memadati titik-titik rest area di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Pantauan bakabar.com, Jumat (12/1/24) siang, salah satu Posko Layanan Haul di HST yang bertempat di Halaman Masjid Agung Riadussalihin Barabai mulai dipadati para jemaah dari berbagai daerah.

Salah satu jemaah asal Samarinda, Kalimantan Timur, Wandi mengungkapkan sudah puluhan kali pergi ke acara Haul Abah Guru Sekumpul di Martapura.

"Setiap tahun kami berangkat. Kali ini berangkat lagi rombongan sebanyak 20-an orang menggunakan sepeda motor," ujarnya.

Ia mengatakan berangkat dari Samarinda pada Kamis (11/1/24) malam dan sudah beberapa kali berhenti di rest area.

"Kali ini berhenti di rest area Halaman Masjid Agung Barabai. Alhamdulillah pelayanannya bagus dan makanan enak," tuturnya

Ia juga mengungkapkan rasa syukurnya selama perjalanan dari Samarinda hingga Barabai tidak ada kendala yang menghambat.

Sementara itu, salah satu relawan Posko Layanan Haul di Halaman Masjid Agung Riadussalihin Barabai, H Ismail mengatakan pihaknya siap membuka posko layanan selama 24 jam setiap harinya.

"Kami buka full 24 jam selama enam hari enam malam. Dimulai dari hari Rabu, 10 Januari 2024 kemarin dan berlanjut sampai 6 hari ke depan," jelasnya

Untuk persediaan makanan, ia mengatakan tidak ada jumlah pasti atau tidak terkira, karena banyak masyarakat yang menyumbang.

"Untuk masakan yang kami sediakan sangat beragam. Pagi hari ada nasi kuning, pundut, dan lapat. Kalau siang ada soto, sop, ikan asin, dan makanan tambahan lainnya," bebernya.

Semua masakan itu, kata dia, di masak oleh relawan dari Warga RT 07 dan RT 12 yang tinggal di sekitar Masjid Agung Riadussalihin Barabai.

"Kami selalu terbuka bagi masyarakat lain yang juga ingin mengumbang makanan atau hal lainnya di posko ini," ujarnya.

Untuk diketahui, selain menyediakan berbagai masakan, Posko Layanan Haul di Halaman Masjid Agung Riadussalihin Barabai juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) HST untuk menyediakan layanan kesehatan gratis bagi para jemaah.

"Dari Dinas Kesehatan saat ini baru menyediakan satu posko kesehatan yang terpusat di rest area Halaman Mesjid Agung Barabai saja," jelas salah satu petugas dari Dinkes HST, Linda.

Ia mengatakan jika jemaah membeludak bisa saja ada kemungkinan akan bertembah terkait posko kesehatan ini. Namun, untuk sementara masih satu saja.

"Untuk layanan kesehatan yang kami sediakan itu seperti cek tensi darah, keluhan kesehatan jemaah seperti pusing, mual dan lainnya. Kami juga menyedihkan berbagai obat-obatan bagi yang membutuhkan," jelasnya.

Ia mengatakan terkait jam operasional posko kesehatan saat ini hanya tersedia pada siang hari.

"Kami buka siang hari selama enam hari. Petugasnya ada empat orang. Kalau malam kami tidak buka karena tidak ada petugas yang jaga," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner